Halo perseners! Artikel ini merupakan topik baru yang akan dibahas di blog Satu Persen, yaitu tentang Personal Finance. Sebenarnya bukan hal baru di Satu Persen, jika kamu sudah mengikuti Channel Youtube Satu Persen, pembahasan mengenai Personal Finance sudah lebih dulu ada di channel Satu Persen.

Oke, untuk artikel pertama, kita akan membahas mengenai Kebebasan Finansial.

Kebebasan Finansial saat ini menjadi salah satu impian atau tujuan hidup dari para generasi millennial. Banyak sekali influencer di sosial media yang juga sudah mengajak para millennial untuk melek finansial, karena untuk mencapainya bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan merupakan hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

Kamu akan semakin dekat dengan Kebebasan Finansial jika sudah memulainya dari saat ini. Karena hal ini memang perlu dipersiapkan secara matang, perlu strategi dalam mencapai goals tersebut.

Sebelum kita mulai membicarakan mengenai cara untuk mencapai Kebebasan Finansial, hal yang penting untuk kamu ketahui dahulu yaitu memahaminya dengan baik. Kamu perlu mengenali terlebih dahulu tentang Kebebasan Finansial, bahkan mendefinisikan sendiri Kebebasan Finansial versi kamu.

Apa itu Kebebasan Finansial?

Tidak ada tokoh yang secara penuh membahas teori Kebebasan Finansial ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa Kebebasan Finansial termasuk hal yang subjektif, setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing. Karena masing-masing individulah yang paling mengetahui kemampuan dan batasan dalam dirinya, sehingga setiap individu memiliki kesempatan untuk mencapai Kebebasan Finansial versi dirinya sendiri.

Tapi, supaya kamu bisa sedikit memiliki gambaran tentang Kebebasan Finansial ini, kita coba bahas secara garis besarnya, yuk!

Kebebasan Finansial biasanya diartikan sebagai kondisi di mana seseorang sudah memiliki tabungan yang cukup, memiliki investasi finansial, dan uang tunai untuk membeli kebutuhan hidup untuk diri sendiri. Kebebasan Finansial ini juga memberikan kita kebebasan untuk pensiun atau terus mengejar karier tapi tidak berfokus pada seberapa banyak gaji yang didapatnya. Karena sejatinya tabungan dan investasi yang dimiliki sudah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Chris Hogan menggambarkan individu yang memiliki Kebebasan Finansial seperti berikut ini:

Secara mendadak kamu mendapatkan tagihan untuk memperbaiki mobil dengan jumlah yang sangat besar. Bagaimana perasaanmu ketika melihat tagihan yang tidak terduga ini? Apakah kamu akan merasa panik? Kebingungan bagaimana cara membayarnya? Jika kamu membayarnya, apakah kebutuhan hidupmu bisa terpenuhi atau malah segalanya menjadi terganggu?

Jika kamu sudah mencapai Kebebasan Finansial, segala hal yang terjadi dengan tidak terduga bisa kamu lewati tanpa perlu berpikir berulang kali. Bahkan seminggu kemudian kamu sudah lupa bahwa ada biaya besar yang kamu keluarkan. Hal ini menunjukkan bahwa situasi tersebut hanya memengaruhi sedikit keuanganmu saja.

Seperti tagihan perbaikan mobil ini, kamu tidak akan berpikir dua kali, untuk memperbaikinya, demi kenyamanan dirimu kamu pasti akan memilih untuk memperbaiki mobilmu. Toh, biayanya tidak mengganggu anggaran kebutuhan hidupmu.

Mari kita bandingkan dengan kondisi pandemi ini, seperti yang kita ketahui bahwa pandemi ini tidak hanya memberikan dampak pada kesehatan, tapi juga pada aspek ekonomi. Bayangkan, pandemi terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama berbulan-bulan. Bagaimana kondisi finansial kalian? Masih berada di tahap aman atau sudah berada di ambang-ambang berbahaya? Tentu kondisi ini akan berbeda pada individu yang sudah memiliki Kebebasan Finansial. Mungkin pandemi ini memengaruhi sepersekian persen dari keuangannya saja.

Kebebasan Finansial memang merupakan kondisi dimana kamu mampu untuk mengambil sebuah keputusan tanpa terlalu tertekan atau stres dengan dampak finansial yang akan kamu terima, karena secara Finansial kamu sudah siap. Kamu memiliki kendali terhadap keuangan, bukan uang yang mengendalikanmu.

Baca juga : Semua Orang Bisa Kaya Secara Finansial

Mungkinkah Kebebasan Finansial ini bisa kita capai?

Jika keadaanmu saat ini dibebani dengan hutang, mengalami berbagai keadaan darurat seperti pandemi, hingga pengeluaran yang boros. Apakah hal-hal ini dapat membantumu untuk mencapai Kebebasan Finansial?

Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, bahwa untuk mencapai tujuan ini kita perlu strategi. Strateginya tentu berhubungan dengan bagaimana kebiasaan dan pola hidup kita saat ini.

Sebelum kita melanjutkan ke strategi untuk mencapainya, kamu bisa menonton terlebih dahulu video youtube Satu Persen ini untuk mengenali terlebih dahulu posisimu sudah ada di tahap apa. Lalu kamu dapat menentukan Kebebasan Finansial versi kamu dan menyusun strategi untuk mencapainya.

Strategi Mencapai Kebebasan Finansial

Photo by William Iven on Unsplash

Pelajari cara mengelola keuangan

Kamu akan sulit untuk naik  ke tahap berikutnya, jika tidak memiliki rencana keuangan. Di akhir bulan kamu akan kebingungan, kemana saja gaji yang kamu dapatkan di bulan ini? Berapapun gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya, bukan berarti semua gaji tersebut harus kamu habiskan dalam satu bulan tersebut. Kamu perlu belajar untuk mengelola keuangan dimulai dari gaji yang kamu miliki saat ini.

Cara termudah untuk mengelola uang adalah dengan membuat anggaran setiap bulannya. Anggaran ini akan membuatmu berada di jalur yang tepat untuk mencapai Kebebasan Finansial. Mencapai Kebebasan Finansial bukanlah hal yang instan, dan membuat rencana keuangan adalah langkah pertama untuk mencapai Kebebasan Finansial

Membersihkan kesalahan masa lalu

Ketika kamu sudah mulai belajar untuk mengelola keuangan yang kamu miliki, mungkin kamu akan menemukan kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu pada keuanganmu. Hal tersebut bukan menjadi masalah, tapi jika kamu ingin mencapai Kebebasan Finansial, kamu harus membersihkan kesalahan-kesalahan ini.

Kesalahan seperti apa?

Kesalahan di sini bisa juga disebut sebagai hutang, hutang dari kartu kredit, atau pinjaman-pinjaman. Inilah saatnya kamu fokus untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Ketika kamu memiliki hutang, yang kamu terima bukanlah atas nama dirimu, melainkan atas nama orang lain.

Melunasi hutang yang ada adalah dasar untuk membangun Kebebasan Finansial versi kamu. Memang bukan hal yang mudah untuk melunasi semua hutang yang ada, tapi kamu akan merasakan manfaatnya ketika gaji yang kamu miliki bisa kamu tabung dan kamu telah terbebas dari hutang.

Pertimbangkan Pilihan Karier

Penghasilanmu menjadi salah satu hal penting yang dapat membantumu mencapai Kebebasan Finansial. Jadi, ketika kamu dihadapkan dengan memilih karier, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dan pertaruhkan. Menemukan pekerjaan yang kamu sukai dan juga mendukung tujuanmu untuk mencapai Kebebasan Finansial akan membantu kamu untuk menikmati setiap proses untuk mencapainya.

Untuk mempertimbangkan karier, kamu perlu memperhatikan hal berikut ini:

  1. Bagaimana gambaran dirimu 10 tahun lagi?

2. Apakah pekerjaan ini memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan yang terus meningkat?

3. Dapatkah pekerjaan ini membuatmu terus tumbuh?

4. Apakah ada peluang untukmu berkembang secara pribadi dan profesional?

5. Apakah kamu akan menikmati pekerjaan ini?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu untuk mempertimbangkan kariermu saat ini untuk mencapai goals Kebebasan Finansial. Jika kamu kesulitan untuk menentukan dan mempertimbangkan karier yang tepat, kamu dapat mengikuti Mentoring atau Konseling bersama Psikolog dari Satu Persen

Membuat Strategi Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek ini adalah tabungan yang kamu gunakan ketika terjadi suatu kondisi yang tidak terduga, seperti servis AC, perbaikan mobil, sakit, dan sebagainya. Tabungan jangka pendek ini menjadi dana darurat yang jika kamu gunakan tidak mengganggu kebutuhan hidup yang lain.

Memiliki tabungan jangka pendek ini sedikit memberikan ketenangan untuk kamu, uang-uang di luar tabungan ini, bisa kamu gunakan sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Bahkan jika tabungan jangka pendek ini sudah bisa menutupi berbagai kondisi darurat dalam enam bulan ke depan. Kamu bisa menikmati hidup dengan merasa jauh lebih tenang. Tentunya ini menjadi titik yang besar untuk mencapai Kebebasan Finansial.

Belajar Investasi

Kamu sudah memiliki anggaran kebutuhan hidup setiap bulannya, sudah melunasi hutang, dan juga membuat tabungan jangka pendek. Terakhir, yang tidak kalah penting adalah belajar investasi yang bermanfaat untuk jangka panjang. Semakin cepat kamu memulai untuk investasi, semakin banyak waktu yang dimiliki uangmu untuk terus berkembang.

Kalau kamu masih awam dengan istilah investasi,kamu bisa tonton video ini. Bagi pemula, video ini cukup menjelaskan bagaimana cara memulai berinvestasi dengan dana yang dimiliki sekarang.

Mencapai Kebebasan Finansial menjadi tujuan hidup dari semua orang, siapa yang tidak ingin merasakan hidup bebas tanpa memikirkan tentang beban finansial? Tentunya semua dari kita ingin mencapai titik tersebut.

Kalau begitu, mulai dari sekarang, dimulai dari hal kecil yaitu membiasakan membuat rencana keuangan, akan membantu kamu untuk mencapai Kebebasan Finansial tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini membantu dan menggerakkanmu untuk semakin melek dengan finansial. Karena kita tidak pernah tahu, kondisi seperti pandemi ini akan ada kembali atau tidak. Tapi jika kondisi seperti ini ada lagi, aku harap kamu sudah lebih siap menghadapinya, setidaknya dimulai dari artikel ini, kamu sudah memulai langkah untuk mencapai Kebebasan Finansial.

Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya mengenai Personal Finance di channel Youtube Satu Persen dan jangan lupa informasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan di Instagram, Podcast, dan blog Satu Persen ini tentunya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kamu bertumbuh setidaknya 1% setiap harinya menuju #HidupSeutuhnya.

Thank you!

Referensi

Danielsson, M. (Sep 30, 2020). These 12 Habits Will Help You Reach Financial Freedom. Retrieved on November 13, 2020 on https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp

Hogan, C. How do I achieve financial freedom?. Retrieved on November 13, 2020 from https://www.daveramsey.com/blog/what-is-financial-freedom

Sevilla, J. What is Financial Freedom?. Retrieved on November 13, 2020 from https://moneyfit.org/blog/financial-freedom-means