Apa arti pdkt dalam memulai sebuah hubungan adalah suatu hal yang penting untuk kita pikirkan. Apa arti pdkt?Pdkt atau akronim dari pendekatan merupakan tahap sebelum awal seseorang menjalin hubungan dengan pasangan. Tahapan pdkt penting untuk saling mengenal satu sama lain, melihat kecocokan masing-masing, dan menentukan apakah hubungan ini bisa ke jenjang yang lebih serius atau tidak. Pdkt juga gak selalu dilakukan oleh cowok kok, cewek juga bisa dong, contohnya yang dilakukan Jo Yi Seo di Itaewon Class.

Bagi kalian yang nonton drama korea Itaewon Class, pasti tau dong kalo Jo Yi Seo terang-terang pdkt sama Park Saeroyi. Bahkan Yi Seo rela ngorbanin kuliahnya dan lebih memilih bekerja di restoran Saeroyi. Untungnya Yi Seo pandai marketing dan memanage restoran jadi akhirnya restoran Saeroyi jadi gede deh. Disini Yi Seo sering terang-terangan menunjukkan perhatiannya sama Saeroyi, pada masa pdkt Yi Seo juga berusaha untuk selalu ada buat Saeroyi. Gak jarang Yi Seo juga sering menunjukkan keahliannya dia supaya Saeroyi terkesan. Dan akhirnya Saeroyi luluh juga deh saya Yi Seo yeay.

Nah dari cerita Itaewon Class apa arti pdkt penting untuk menunjukkan impresi atau pandangan seseorang terhadap kita, melihat kesungguhan kita. Jika dia terkesan sama perilaku dan perhatian yang kita tunjukkan ke dia, memungkinkan dia untuk luluh buat kamu. Dia juga ingin melihat keseriusan kamu supaya dia yakin kalau kamu serius ingin melanjutkan jenjang berikutnya. Kalau di artikel sebelumnya udah diabahas tentang Apa Arti Cinta. Nah pada artikel kali ini akan membahas apa arti pdkt yang perlu kamu tahu sebelum menjalin hubungan, simak sampai habis ya.

Apa Sih Arti PDKT dan Tujuannya?

Mungkin kamu bertanya “Kenapa sih harus pdkt? Soalnya aku orangnya gak suka basa basi kak”. Bayangin aja kamu makan disebuah restoran di mall terus tiba-tiba ada yang nyamperin kamu dan bilang “aku suka sama kamu”. Kira-kira apa responmu terhadap orang tersebut, takut atau bahkan malu kan. Yaa enggak salah sih langsung mengutarakan perasaan sama orang yang kita suka, tapi kalau gitu caranya peluang kamu ditolak tinggi banget. Jadi, salah satu tujuan jadi pdkt sebelum memulai hubungan adalah meminimalisir penolakan perasaan kamu. Kamu bisa meraba-raba apakah calon pasangan kamu suka juga atau tidak, dilihat dari respon yang diberikan.

Dengan pdkt kamu bisa manfaatkan untuk mengenal kepribadian calon pasangan kamu dan sifat-sifatnya yang belum kamu tau. Sehingga, saat sudah menjalani hubungan nanti kamu tidak kaget sama sifat dia yang begitu. Menurut pengalaman aku dari cerita temen-temenku, banyak orang yang tidak serius menjalani pdkt. Akibatnya apa, saat sudah menjadi pasangan mereka tau hal baru tentang pasangan dia yang mungkin kamu kurang suka.

Setelah Mengenal Arti PDKT, Ini Tipsnya!

Pdkt itu susah susah gampang yah, karena semua orang pasti punya caranya sendiri buat nunjukin pesonanya. Banyak juga yang merasakan bahwa apa arti pdkt memiliki kenangan tersendiri pasangan. Mungkin si dia tiba-tiba cerita “eh inget nggak dulu pas masih pdkt kamu suka ngajak aku makan ke tempat ini loh”. Makanya kamu harus menciptakan momen pdkt yang berkesan. Nah berikut ini tips basic yang setidaknya kamu harus lakukan saat pdkt sama calon pasangan.

1. Know Yourself

Saat pdkt, pasti yang kamu inginkan adalah untuk mengenal si dia bukan? Masa sih kamu ingin pengen dia tapi kamu enggak kenal diri kamu sendiri seperti apa. Mengenali dan menerima diri sendiri penting untuk menjadi diri sendiri. Saat kamu udah kenal diri kamu sendiri, maka kamu akan lebih kenal juga tentang hal-hal yang kamu sukai atau tidak, karaktermu, dan itu bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan saat kamu memilih pasangan. Cari tahu juga gimana sih kriteria pasangan ideal bagi mau. Jangan paksakan jika diri kamu apabila kamu memang merasa tidak cocok dengan karakter si dia.

Kamu juga penting untuk introspeksi pada dirimu sendiri tentang hubungan yang jalani sebelumnya. Apakah ada masalah yang perlu kamu selesaikan untuk memulai hubungan baru? Supaya tidak ada kesalahan sama terulang kembali.

2. Sopan

Impresi atau kesan pertama seseorang itu penting untuk menentukan komunikasi selanjutnya. Jangan sampai kamu memberikan kesan pertama yang jelek pada si dia dan bikin dia ilfeel duluan. Untuk itu kamu harus bersikap sopan dan gentle untuk menarik si dia. Sopanlah saat bertanya, berbisaca, dan saat bertemu. Jangan sampai kamu malah menanyakan hal-hal yang sensitif dan menyinggung perasaan dia saat pdkt ya.

3. Percaya diri

Ini adalah suatu hal yang penting, kamu harus percaya diri dan berani saat awal memulai pdkt. Namun ingat jangan percaya diri berlebihan, nanti bisa dia ilfeel juga ini. Banyak orang mundur dari pdkt gara-gara hal ini nih. Misalnya “ih dia ganteng tapi kok narsis yah” atau “ih dia ganteng tapi kok dia no life banget yah”. Sedikit tips cobalah tunjukan apa yang mencari kelebihanmu dengan percaya diri. Kalau kamu jago komputer, saat laptop dia bermasalah tawarkan diri untuk membantu memperbaikinya, dan buat dia terkesan akan hal itu.

4. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam menjalin hubungan, tidak jarang juga banyak hubungan gagal karena komunikasi yang jelek. Untuk itu kamu harus melatih kemampuan komunikasimu. Jangan hanya nanya kabar mulu, atau nyari topik yang jawabannya udah jelas ya atau tidak, udah kaya jawaban customer service aja. Cewek juga biasanya lebih senang menanggapi obrolan komunikasi yang nyambung. Kamu juga harus bisa mentransfer apa yang kamu pikirkan menjadi sebuah kata-kata yang baik agar dia mengerti.

5. Humoris

Jangan kaku saat pdkt itu adalah kunci. Kalau kamu kaku bisa bikin gebetan kamu boring juga terus-terusan ngobrol sama kamu. Cobalah untuk sedikit humoris, beri dia lelucon-lelucon receh yang bikin dia ketawa. Humor bisa membuat kalian juga semakin dekat dan berpikir “ih ini orang lucu banget, aku seneng deh lama-lama ngobrol sama dia”. Kalau kamu merasa diri kamu nggak lucu, gapapa coba aja kasih dia meme-meme yang menurut kamu lucu. Atau mau ngelucu malah dianggap cringe, it’s okay setidaknya kamu sudah berusaha :)

Jadi gimana udah paham sama apa arti pdkt sama tipsnya kan. Jangan lupa dipraktekin yaa guys, dan terakhir jangan lupa berdoa serahkan semua pada Tuhan. Semoga sukses mengambil hati si doi ya. Buat para jomblo coba deh baca artikel ini Aku Jomblo, Kenapa Ya? Tips Menarik Hati Gebetan.

Tapi jika kamu udah coba semua cara pdkt untuk membangun hubungan baru, tapi masih kesulitan, masih ngerasa enggak percaya diri buat menjalin hubungan, atau butuh mentor buat melatih kemampuan komunikasimu biar enggak canggung sama si dia. Tenang kamu bisa ikut kelas mentoring sama Satu Persen kok. Disini kamu bakal bertemu sama mentor-mentor kece buat bantu nyelesain masalah yang kamu hadapi dan membantumu untuk mencapai tujuanmu.

Terus follow instagram kami di @satupersenofficial dan tonton video tentang apa arti pdkt dibawah ini yaa. Happy watching!!!

Referensi

Raypole, Crystal. (2017) How to (Really) Get to Know Someone. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/how-to-get-to-know-someone#their-response