pengen-nikah-muda
nikah muda

Halo, Perseners! Gue Vidha, associate writer baru di Satu Persen. Ini adalah artikel yang pertama gue tulis di blog Satu Persen. Hope you enjoy!

Topik pertama yang gue pilih yaitu tentang nikah muda. Kenapa? Karena gue relate banget sih sama topik ini, soalnya bulan depan kakak gue mau nikah. Terus gue jadi sasaran empuk buat ditanya “Adiknya kapan nyusul?” Padahal gue masih kuliah semester 5.

Jujur, gue capek kuliah, tapi gak pernah terpikir untuk “Mau nikah muda aja.” karena gue pengen membelah diri aja kayak amoeba HEHE. Canda amoeba.

Siapa nih di antara lo semua yang suka ngomong “Capek kuliah euy, mau nikah muda aja.”

nikah-muda-satu-persen
nikah muda

Lo yang bilang kayak gitu emang bener-bener berencana mau nikah muda atau cuma take it as a joke aja nih?

Nah, sebelum gue bahas lanjut tentang nikah muda, lo tau gak sih nikah muda itu apa?

Definisi Nikah Muda

Nikah muda menurut Undang-undang Perkawinan No. 1 tahun 1974 adalah pernikahan yang dilakukan orang berusia kurang dari 21 tahun.

Coba sekarang yang suka ngeluh-ngeluh nikah muda, umurnya kurang dari 21 tahun atau lebih dari 21 tahun nihhh? Hohoho.

Buat lo yang emang punya rencana buat nikah muda, coba dibaca dulu nih tentang beberapa hal sebelum melanjutkan rencana buat nikah muda.

Dampak Menikah di Usia Muda

Semua yang lo lakuin pasti ada dampaknya. Nah, berikut ini adalah dampak yang sekiranya berpotensi bakal lo dapetin kalo lo nikah muda.

Organ Reproduksi Belum Berkembang Sempurna Sebelum Usia 20 Tahun

Ini penting banget nih! Apalagi buat pasangan-pasangan yang ngebet nikah buat menghindari zina. Inget-inget lagi ya, tujuan nikah itu bukan cuma buat menghindari zina. Lo juga harus belajar mengenai organ reproduksi. Jangan mau enaknya aja ya kan?

Rentan KDRT

Masih muda kan masih seneng-senengnya gelud. Bilangnya cuma bercanda, tapi sakit dan bekas lukanya kan beneran. Yakin mau lanjut ke pernikahan kalo masih suka pake kekerasan?

Tonton Juga: Semua Orang Bisa Jadi Korban Kekerasan

Rentan Perceraian di Usia Muda

Masih berkaitan dengan poin nomor 2. Banyak masalah yang mungkin pas pacaran lo belum pernah rasain, tapi pas nikah baru rasain. Usia muda itu adalah saat-saat lo mencari jati diri. Jadi terkadang pikiran lo masih terombang-ambing dan bikin situasi jadi gak kondusif.

Risiko Gangguan Psikologis

Ini juga berkaitan dengan poin-poin di atas. Namanya masih muda kan masih pengen bebas, tapi terhalang dengan adanya status pernikahan yang berpeluang membuat lo gampang cemas, gampang moody, dan berpotensi mendatangkan gangguan mental lain yang berisiko fatal.

Hal yang Bisa Lo Pertimbangin Sebelum Nikah Muda

Buat lo yang sekiranya udah siap lah dengan dampak nikah muda, coba dipikirin mateng-mateng lagi ya buat pertimbangan lo ke depannya.

Waktu Bermain

Lo masih punya waktu buat main sama temen, tapi pasti bakalan beda kan kalo lo udah nikah? Lebih banyak waktu yang disisihkan dengan pasangan dan keluarga lo daripada sama temen-temen lo. Rela gak kalo lo bakal kehilangan banyak quality time sama temen-temen lo?

Pendidikan

Semua orang punya hak untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Lo sendiri gimana? Kalo nikah muda, apakah rela buat melepas pendidikan yang seharusnya lo jalanin? Atau lo percaya kalo bisa multitasking antara pendidikan sama pernikahan?

Keluarga Baru

Yang satu ini gak kalah penting sih! Lo juga pasti paham seberapa pentingnya keluarga dalam kehidupan lo. Keluarga adalah significant others yang bakal berpengaruh sama seluruh hidup lo.

Nah, lo siap gak menerima keluarga baru, which means menjadikan orang-orang ini sebagai orang yang akan memberikan pengaruh besar ke hidup lo?

Hal yang Bisa Lo Siapin Sebelum Nikah Muda

Kalo lo udah make a deal sama dampak nikah muda dan juga udah mempertimbangkan segala hal sebelum nikah muda, sekarang saatnya lo menyiapkan diri lo nih sebelum nikah muda.

Menurut Kelas Cinta, ada tiga hal yang perlu lo siapin sebelum akhirnya memutuskan untuk nikah muda.

Finansial Buat Nikah Muda Udah Aman?

Ngomongin finansial itu bukan ngomongin kaya atau miskin ya guys. Finansial itu berbicara soal kesanggupan lo buat membiayai hidup. Semua tergantung sama pemasukan, pengeluaran, dan gaya hidup lo bersama pasangan lo.

Sekarang kalo gue tanya, finansial lo dan pasangan lo gimana? Udah punya penghasilan sendiri-sendiri yang cukup buat menghidupi lo dan pasangan lo atau masih uang dari ortu? Uang tabungan lo udah sampe mana?

Baca Juga: Semua Orang Bisa Kaya Secara Finansial

Kita nabung itu buat kehidupan setelah hari pernikahan ya guys, bukan cuma buat hari pernikahannya aja. Karena masalah finansial gak kalah krusialnya dalam pernikahan. Faktor finansial juga menjadi faktor terbanyak penyebab perceraian.

Calon Buat Nikah Muda Ada Gak?

Percuma ya kalian bilang mau nikah muda, tapi pacar aja belum punya wkwkwk.

Pasti punya pacar lah ya. Karena kalo belum punya pacar, kayaknya liat judul aja udah di-skip nih HAHA.

Bagi kalian yang pengen nikah muda, tapi belum punya pacar, coba dijabarkan lagi. Apa sih yang lo butuhin dari seorang pacar biar bisa jadi calon suami lo? Kalo bisa, urutin sesuai kebutuhan lo dulu, baru sesuai keinginan lo. Kalo keinginan kan belum tentu butuh.

Kadang kita tuh suka bikin kriteria imajiner yang buat mempersulit kita menemukan pacar. Pengen pacar yang kaya dan punya perusahaan high-end furniture yang diekspor ke US dan Kanada. Pengen punya pacar yang ganteng kayak Noah Centineo atau Jungkook. Pengen punya pacar yang suaranya enak terus didenger kayak Ariana Grande.

Ekspektasi yang terlalu tinggi bakalan bikin kita jatuh terlalu dalam juga, bro n sis.

Jadi, jangan lagi terjebak dalam kriteria calon idaman ya.

Lalu, untuk lo yang udah punya pacar, bisa lah dilanjut pelan-pelan buat nanyain tujuan lo pacaran tuh apa? Untuk nikah atau cuma untuk seneng-seneng aja?

Jawabannya akan menentukan masa depan lo sama dia tuh gimana. Siap gak kalian nikah muda? Atau mau nikah di umur yang matang aja? It’s up to you guys!

Last but not least,

Udah Siap Mental Buat Nikah Muda Belum?

Pernikahan tentu merupakan sesuatu yang sangat krusial dalam hidup. Banyak hal yang harus dipertimbangkan lagi sebelum melangkah ke tahap yang lebih serius dengan pasangan.

Tentunya, gak cuma siap secara fisik dan finansial doang nih! Mental juga harus siap! Ibaratnya, kalo lo ngurusin diri sendiri aja belum maksimal, gimana mau ngurusin orang lain?

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Pasti bakal banyak masalah yang datang silih berganti di dalam pernikahan. Maka dari itu lo dan pasangan lo harus punya mental yang matang buat menghadapi ini.

Mikirin gimana caranya kalian bisa kerja sama untuk menyelesaikan masalah, bukan main salah-salahan dan berpengaruh buat rumah tangga kalian nanti.

Intinya adalah, persiapan mental itu penting banget ya guys biar enggak jadi toxic relationship yang membuat rumah tangga kalian nanti kenapa-napa.

Nah, untuk memastikan apakah mental kita udah siap atau belum buat nikah muda, bisa nih lo coba untuk konseling bareng psikolog Satu Persen.

Para psikolog Satu Persen akan lebih membantu lo untuk keluar dari masalah atau setidaknya bisa membantu lo #HidupSeutuhnya seenggaknya Satu Persen setiap harinya!

Selain program konseling, Satu Persen juga menyediakan tes online gratis yang bisa kalian coba! Salah satunya adalah Tes Tingkat Keparahan Stres buat kalian yang kayaknya udah capek banget sama tugas-tugas kuliah sampe mikir pengen nikah aja biar bebas dari tugas kuliah.

Lo juga bisa liat video di tentang kapan sih baiknya kalian menikah dengan pertimbangan-pertimbangan tadi di YouTube Satu Persen.

Pada akhirnya, “Capek kuliah, mau nikah aja.” itu bukan kalimat yang tepat ya guys. Pernikahan itu bukan akhir dari kesengsaraan lo, itu adalah awal dari perjuangan lo merajut hidup baru dengan orang lain.

It’s okay kalo itu cuma buat bercandaan aja, tapi kalo lo beneran berpikir kayak gitu, coba dipertimbangin lagi yaa!

Akhir kata, semangatttt buat kalian #TimNikahMuda ataupun #TimNikahMapan dari gue yang #TimMembelahDiri HAHA! See you in another article!

CTA-Konsultasi--1--8

References:

Bride Story. (2015). Getting Married at a Young Age: Yes or No? Retrieved from https://www.bridestory.com/id/blog/getting-married-at-a-young-age-yes-or-no

Halodoc. (2018). Nikah Muda Boleh, Tapi Ketahui Dulu 4 Fakta Ini. Retrieved January 26, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/nikah-muda-boleh-tapi-ketahui-dulu-4-fakta-ini

Razvenix, C. (n.d.). Sebelum Menikah Di Usia Muda. Retrieved from https://kelascinta.com/romansa/sebelum-menikah-di-usia-muda