cara bergaul

Sebelum masuk ke topik pembahasannya kita perlu samakan sudut pandang dulu, bahwa memiliki teman yang akrab dan dekat bukan berarti harus siap sedia 24 jam menemani kamu bercerita. Akrab dan dekat bukan berarti juga harus cerita semua permasalahannya denganmu atau kemana-mana harus selalu bareng denganmu. Ingat, teman akrabmu butuh waktu juga untuk sendiri dan menyelesaikan segala permasalahannya sendiri karena tak semua masalah perlu diceritakan kepadamu kan.

Menurut Duffy (2002) dalam bukunya Psychology for Living, setiap orang membutuhkan hubungan yang intim seperti saling membantu, melakukan pekerjaan, sampai berbagi perasaan. Manusia dituntut tidak bisa lepas dengan yang namanya berinetraksi sosial karena kita semua diciptakan sebagai makhluk sosial dimana dalam kehidupan sehari-harinya kita sangat membutuhkannya.  Maka dari itu penting bagi kamu semua untuk bisa bergaul dan beradaptasi dengan cepat pada lingkungan teman sekitarmu.

Manusia juga berinteraksi untuk memenuhi salah satu kebutuhannya yaitu kebutuhan berafiliasi. Hal ini merupakan kebutuhan untuk mendapatkan kehadiran orang lain dalam kehidupan seseorang sehingga interaksi sosial yang berkelanjutan dapat menciptakan hubungan interpersonal. Salah satu contoh hubungan interpersonal adalah pertemanan. Menurut Baron dan Branscombe (2012), pertemanan adalah hubungan dua individu yang menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi bersama dalam kondisi apapun dan saling memberikan dukungan emosi. Hal inilah yang melandasi kenapa kamu harus pandai dalam mengetahui cara bergaul dan beradaptasi pada lingkungan baru termasuk diantaranya adalah membangun pertemanan yang berkualiatas.

Cara Mudah Membangun Pertemanan

Terdapat berbagai cara agar kamu bisa mudah akrab dan dekat dalam membangun suatu pertemanan, diantara caranya adalah sebagai berikut.

1. Berani menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri adalah salah satu faktor agar kamu mudah membangun sebuah petemanan, tidak hanya itu kamu pun nantinya bisa memiliki teman dekat dan pertemanan yang bisa bertahan lama. Hal ini terjadi karena kamu bisa dengan jujur mengekspresikan diri kamu apa adanya pada lingkaran pertemananmu sehingga secara tidak langsung nantinya akan terjadi seleksi di mana teman yang benar-benar tulus dan sepemikiran akan bisa bertahan lama denganmu.

2. Saling berbagi cerita

Mulailah untuk bercerita apapun dengan teman barumu mulai dari hal-hal serius tentang pengalaman hidupmu bahkan sampai kepada obrolon receh sekali pun. Hal ini akan semakin menghagatkan serta mencairkan suasana dalam pertemanan, karena ketika temanmu sudah mempercayakanmu untuk mendengar ceritanya disanalah letak pertemananmu akan semakin akrab. Tetapi perlu diingat tidak semua cerita perlu kamu ceritakan kepada temanmu, ada kalanya hanya kamu yang perlu mengetahuinya.

3. Cari kesamaan

Tak sedikit pertemanan dimulai dari beberapa kesamaan hal ini bisa terjadi karena makanan kesukaan, idola yang sama, sampai suka pada lawan jenis yang sama. Nah, hati-hati pada kesamaan yang terakhir tadi ya, hal itu bisa menjadi dua sisi mata koin yang berbeda ada yang bahkan bisa merusak pertemanan. Jadi, kamu masuk dalam kategori yang mana?

4. Ingat hal-hal yang mereka suka

Saat kamu memulai untuk berinteraksi dengan orang baru dan setelah beberapa waktu kamu mampu mengingat hal-hal yang mereka suka seperti, ketika kamu sedang ingin nobar klub bola kesukaanmu mengingat temanmu juga suka pada klub yang sama seketika itu kamu langsung mengajaknya. Hal-hal ini dalam membangun sebuah pertemanan merupakan salah satu hal penting karena dengan mengingat hal tersebut secara natural membuat mereka merasa dihargai.

3 Kata Kunci Memperkuat Pertemanan

Ada tiga kata kunci menurut aku pribadi yang ketika kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari akan membuat pertemananmu jadi lebih kuat dan semakin erat

1. Terima kasih

Biasakanlah untuk mengatakan ini sehabis meminta pertolongan kepada temanmu atau jika temanmu berinisiatif untuk membantumu tanpa kamu pinta sekalipun. Hal ini akan membuat mereka lebih dihargai sehingga pertemananmu akan semakin dekat.

2. Tolong

Budayakanlah untuk mengatakan tolong sebelum kamu meminta bantuan pada orang lain apalagi pada temanmu, karena terkadang ketika hubungan pertemanan semakin dekat, kamu biasanya lupa untuk mengatakan tolong sebelum meminta bantuan, ayo coba intropeksi diri

3. Maaf

Hal ini terkadang susah untuk diucapkan ketika sedang berselisih paham akibat tak sepandapat, bercandaan yang kelewat batas sehingga muncul emosi dalam diri. Besarnya rasa ego dalam diri terkadang membuat kamu semakin defensif sehingga enggan mengucapkan kata maaf. Mengucapkan maaf terlebih dahulu terlepas kamu salah ataupun benar merupakan hal yang patut kamu lakukan agar hubungan pertemananmu bisa berjalan dengan baik kedepannya.

Tiga kata kunci diatas bisa kamu gunakan dalam berkehidupan sehari-hari baik dalam pertemanan maupun dengan orang yang mungkin tak kamu kenal sebelumnya. Cobalah untuk bisa menghargai orang sekecil apapun itu maka kamu akan dihargai setinggi-tingginya. Hal ini akan semakin memudahkanmu untuk bisa memiliki banyak teman dan memperkuat hubungan pertemananmu.

Segitu dulu, akhir kata aku punya pesan buat kamu semua, yang terpenting bukanlah banyaknya kamu memiliki teman tapi banyaknya kamu memiliki teman yang berkualitas. Tonton video Satu Persen di bawah ini terkait teman yang berkualitas. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Thanks!

Referensi

Baron, R.A, dan Brancombe, N.R. 2012. Social psychology. USA: Pearson.Duffy, K.G. 2005. Psychology for Living. New Jersey: Pearson, Inc.