Cara Mencegah Pikun Dini
Meningkatkan Daya Ingat

Halo, Perseners! How’s life?

Kenalin, nama gue Hana. Gue di sini menulis sebagai associate writer dari Satu Persen.

Tahun 2021 baru aja dimulai. Tentunya, kita mengharapkan banyak hal baik di tahun ini, ya!

Ada gak sih, sifat atau kebiasaan buruk di tahun lalu yang paling pengen lo ubah? Kalo gue sih, pengen banget punya daya ingat yang bagus supaya gak gampang lupa lagi. Soalnya, jadi orang yang pelupa tuh gak enak banget!

Gara-gara lupa di mana nyimpen dompet sama kacamata, gue ngabisin banyak waktu buat nyari barang itu. Gak jarang, barang yang gue cari itu sebenernya ada di tempat yang deket, kayak di meja atau di saku celana.

Sebagai mahasiswa, gue dituntut untuk bisa inget banyak hal. Masalahnya, ngapalin materi itu susahnya setengah mati. Pas kelas bubar, materinya ikutan bubar dari otak. Belajar buat ujian pun pake sistem kebut semalem, alhasil banyak materi yang kelupaan pas hari H.

Pernah juga nih, Mama nyuruh beli tepung seperempat kilo. Tibanya di warung, tiba-tiba aja lupa disuruh beli apa. Padahal rentang waktu dari Mama nyuruh sampe tiba di warung tuh paling cuma lima menitan aja.

Siapa nih yang bisa relate sama salah satu dari kejadian tadi? :D

Kalo udah kejadian kayak begitu, alasan paling klise yang kita punya biasanya cuma satu: lupa.

Sebenernya, ngelupain sesuatu itu manusiawi banget kok, Perseners. Tapi kalo lupanya terlalu sering dan yang dilupain itu hal-hal penting, kita jadi kena masalah terus. Parahnya lagi, kebanyakan dari kita gak paham kenapa bisa lupa separah itu.

Kayaknya, kalo kita gak gampang ngelupain sesuatu, rasanya bakal lebih enak. Kerjaan lancar, tugas-tugas terkumpul semua, dan orang-orang tersayang bakal seneng banget kalo kita inget tanggal-tanggal spesial. Ujian pun gak bakal jadi masalah lagi kalo materinya keinget terus di otak.

Daya ingat otak gue menurun!

Gampang Pikun
Penurunan Daya Otak

Kenapa sih bisa begitu?

Dilansir dari Insider, ada beberapa hal yang turut andil bikin daya ingat lo menurun, Perseners.

1. Kekurangan vitamin B12 bisa menurunkan daya ingat, lho!

Vitamin B12 sendiri bisa ditemukan di makanan laut kayak kerang, kepiting, ikan sarden, dan lain-lain. Selain itu, bisa juga diperoleh dari telur dan susu. Kalo makanan-makanan ini jarang lo konsumsi, bisa jadi inilah penyebabnya.

2. Daya ingat menurun karena makanan gak sehat

Oke, mungkin masalahnya bukan di kekurangan vitamin, tapi karena lo kebanyakan makan junk food atau makanan manis. Rasanya emang enak banget, sih. Tapi, makanan semacam itu bikin peradangan di otak. Jadinya, ingatan jangka pendek lo terganggu.

3. Penurunan daya ingat karena gaya hidup yang kurang sehat

Misalnya, kelamaan tidur atau suka begadang sambil ngemil tengah malem. Otak itu perlu dipake kerja dengan cara berpikir, tapi jangan lupa dikasih istirahat, ya.

4. Kurang olahraga atau kebanyakan merokok jadi penyebab menurunnya daya ingat

Tentunya kita tahu ya, kalo berolahraga dan stop merokok itu bagus banget buat tubuh kita. Nah, ternyata memori otak kita juga dapet pengaruh baiknya, lho.

5. Depresi dan kecemasan berlebih juga bisa memengaruhi daya ingat

Apalagi kalo lo mengonsumsi obat-obatan buat meredakan gejalanya. Selain kesehatan fisik, jangan lupa rawat kesehatan mental juga, ya!

Kurang lebih itulah yang bisa jadi penyebab lo sering ngelupain sesuatu. Kira-kira, lo sering lupa gara-gara apa, nih?

Cara meningkatkan daya ingat otak

Lo semua pasti pengen punya daya ingat yang lebih baik, kan? Tenang aja, di sini gue bakal sharing tips-tips meningkatkan daya ingat otak.

1. Olahraga untuk daya ingat yang lebih sehat

Dr. Salinas dalam artikel yang dipublikasikan di Harvard Health Publishing menyatakan bahwa berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini berdampak baik buat daya ingat kita. Selain itu, orang yang aktif secara fisik juga cenderung berisiko rendah terhadap demensia.

Jadi, lo cobain deh buat olahraga. Dari yang ringan-ringan dulu, misalnya jalan cepat.

2. Pola makan sehat untuk daya ingat yang lebih baik

Ada banyak makanan sehat yang bisa lo konsumsi nih, Perseners. Banyakin makan buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Perhatikan kandungan vitaminnya, ya! Jangan sampe kekurangan :)

3. Membangun kebiasaan baik bikin daya ingat kita tambah bagus

Yuk perbaiki kebiasaan-kebiasaan kita. Misalnya, tidur yang cukup, kelola stres, hindari merokok, dan kalo lagi sakit segeralah berobat. Diri kita yang terawat bakal berdampak bagus buat fungsi otak kita.

4. Pelajari hal baru untuk memfungsikan daya ingat

Faktanya, mempelajari hal baru adalah salah satu aktivitas yang menstimulasi otak kita. Dengan begitu, otak gak bakal cepat mengalami penurunan fungsi. Belajar hal baru itu bisa dalam bentuk belajar bahasa, seni rupa atau tari, nyobain resep, dan lain-lain.

5. Bersosialisasi supaya daya ingat terus terjaga

Dr. Salinas juga menjelaskan bahwa orang-orang yang punya persahabatan dan support system lebih rendah berisiko kehilangan memori dan kemampuan otak lainnya.

Jadi, jangan lupa buat keluar rumah dan bergaul, Perseners. Kalo lo kurang nyaman sama keramaian, lo bisa mulai dengan jumlah temen yang sedikit. Asalkan temen-temen lo itu membawa pengaruh positif dan loyal sama lo, ya!

Baca Juga: Cara Bergaul dan Membangun Pertemanan

Memaksimalkan daya ingat dengan teknik mnemonik

Pada akhirnya, membangun kebiasaan itu emang gak mudah dan butuh waktu lama. Mungkin lo jadi bertanya-tanya, “Kalo cara gampang buat hafalin materi ujian besok gimana, ya? Mana sempet kalo pake tips-tips yang tadi!”

Kalem, Perseners. Ada satu teknik menghafal yang udah cukup populer dan pastinya cocok banget nih buat lo.

Yap, teknik mnemonik!

Kayaknya banyak dari kalian yang udah tahu sama teknik mnemonik ini. Bisa dibilang, mnemonik (sering juga disebut jembatan keledai) merupakan alat bantu untuk memacu ingatan kita.

Caranya gampang aja. Cukup dengan menghafal materi pake format yang mudah dan menyenangkan buat diingat. Misalnya, dengan bikin cerita pendek, menghubungkan kata, memvisualisasikan kata, atau bikin singkatan dari beberapa kata.

Contohnya gini. Waktu kecil, apakah lo familiar sama istilah mejikuhibiniu? Nah, itu sering dipake buat menghafal warna-warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Ada contoh yang lainnya lagi. Waktu lo masih SD, gimana cara ngehafal nama-nama planet tata surya? Kalo cara gue sih disingkat pake kalimat: Membawa Vas Bunga Mawar Yang Sudah Usang Nanti.

Alias Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan yang terakhir Neptunus.

Mungkin lo juga pernah punya singkatan-singkatan lain yang unik. Nah, itu adalah contoh dari penerapan mnemonik. Lo bisa bikin sendiri, menyesuaikan sama materi yang mau dihafalin.

Berdasarkan pengetahuan dan penelitian neurologi, teknik ini teruji efektif digunakan buat mengingat banyak informasi dengan mudah dan menyimpannya ke dalam ingatan jangka panjang. Jadi, lo gak perlu ragu lagi.

Selain memudahkan lo dalam mengingat, teknik mnemonik ini juga sekalian melatih kreativitas imajinasi lo.

Untuk jenis-jenis mnemonik dan teknik lebih lengkapnya bisa lo simak di sini.

mnemonik: meningkatkan daya inat
cara mudah menghapal

Sekali lagi, gue mau ingetin lo bahwa sesekali lupa itu wajar. Daya ingat manusia tetep ada batasnya, guys.

Tapi, kalo lo udah keseringan banget lupa sampe ganggu aktivitas harian, bisa jadi ada masalah lain yang menyebabkan hal itu. Entah itu karena lo masih kesulitan mengubah kebiasaan yang gak sehat, atau lo lagi mengalami kecemasan berlebih, jadinya kurang bisa fokus.

Buat mengatasi itu, lo gak usah khawatir. Gue tahu solusi yang mungkin bisa membantu lo memperbaiki keseharian supaya daya ingat lo ikut meningkat.

Lo bisa ikutan mentoring dari Satu Persen. Di situ, lo bisa ceritain kesulitan lo dalam mengubah kebiasaan buruk maupun mengelola kecemasan, langsung sama mentor terlatih lulusan S1 psikologi. Nanti, lo bakal dibuatin worksheet supaya lo lebih terarah dalam mengatasi masalah lo.

Sebagai tambahan, lo juga bisa tonton video Satu Persen di YouTube yang ngebahas tentang penyebab lupa dan cara meningkatkan daya ingat. Pastinya, video ini recommended banget buat lo yang pengen lebih baik lagi dalam mengingat.

Cara Mencegah Pikun

Oke, segitu dulu tulisan gue. Semoga tips-tipsnya bermanfaat dan bisa membantu lo supaya gak gampang lupa lagi. Pelan-pelan aja, seenggaknya kita berkembang Satu Persen setiap harinya menuju #HidupSeutuhnya.

Akhir kata, thanks a million!

Referensi:

Glassman, T. (September 18, 2018). 10 little things that could be making your memory worse. Retrieved on December 21, 2020 from https://www.insider.com/what-makes-your-memory-worse-2018-9.

Harvard Health Letter. (September 2017). Better habits, better brain health. Retrieved on December 22, 2020 from, https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/better-habits-better-brain-health.

Heerema, E. (June 11, 2020). 9 Types of Mnemonics to Improve Your Memory. Retrieved on December 23, 2020 from https://www.verywellhealth.com/memory-tip-1-keyword-mnemonics-98466.

Sari, R. (2018, December 31). Mnemonik Sebagai Alternatif dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 30-50. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3499.

Referensi gambar

Gambar oleh Hatice EROL dari Pixabay.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay.