Apa Itu Ilmu Psikologi Serta Manfaat Mempelajariny (Kesalahpahaman yang Sering Terjadi)

Setiap orang dapat dikatakan memiliki latar belakang yang berbeda-beda dalam sehari-harinya. Perbedaan tersebut antara lain merupakan suku, ras, kepercayaan, hingga daerah asal yang beraneka ragam. Hal itu menjadi salah satu dasar dibalik seseorang menunjukan suatu perilaku, salah satunya pandangan mengenai suatu hal. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya bagi lo semua untuk menghormati serta menghargai berbagai perbedaan yang ada.

Namun, tak jarang lo mungkin masih menemukan seseorang yang masih kesulitan dalam menghargai orang lain. Misalnya, lo punya temen yang orangnya gak mau dibantah pendapatnya oleh orang lain saat berdiskusi. Dari situ, ia beralasan salah satunya karena pendapatnya lah yang paling benar, sehingga orang lain harus sependapat dengannya. Alhasil, orang sekitarnya pun kehilangan rasa hormat terhadap dirinya.

Dari contoh tersebut, dapat dikatakan bahwa penting bagi diri lo buat belajar memahami orang lain. Nah, pada tulisan kali ini gue bakal mencoba menjelaskan apa sih sebenarnya ilmu psikologi ini, dan manfaatnya bagi lo dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? Yuk simak sampai habis!

Mengenal Apa Itu Ilmu Psikologi?

Gue yakin sebagian besar dari lo udah gak asing lagi dengan istilah psikologi. Entah itu lo mendengar dari teman, saudara, sampai media sosial yang lo gunakan. Namun, mungkin gak semua dari lo paham apa arti sebenarnya dari ilmu psikologi. Maka dari itu, lo perlu paham terlebih dahulu arti psikologi secara definisinya sob!

Nah, psikologi diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berkehidupan sehari-hari. Hal itu bertujuan untuk memahami bagaimana seseorang dapat merasakan, berpikir, dan bertindak mengenai suatu hal. Selain itu, psikologi memiliki banyak kegunaan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan, salah satunya guna memahami

Dari situ, ilmu psikologi bertujuan untuk memberikan alternatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupan. Salah satunya melalui pemikiran berbagai aliran psikologi yang ada didalamnya. Di antaranya adalah Strukturalisme, Fungsionalisme, Behaviorisme, Psikoanalisis, Humanistik, dan Aliran Gestalt.

Oleh karena itu, kebenaran merupakan suatu hal yang relatif dalam ilmu psikologi, alias kembali kepada masing individu.

Kesalahpahaman yang Sering Terjadi

Dalam sehari-hari, mungkin lo pernah dengar omongan kayak begini, “Kuliah di Fakultas Psikologi ya? Berarti bisa baca pikiran gue dong!” Nah, itu merupakan salah satu contoh miskonsepsi dalam memandang ilmu psikologi. Karena sejatinya psikologi bukanlah cenayang yang bisa membaca pikiran lo sob! Maka dari itu, lo perlu mengetahui beberapa kesalahpahaman umum dalam memandang ilmu ini, di antaranya:

1. Belajar Psikologi Merupakan Hal yang Mudah

Banyak orang yang berpikir bahwa ilmu psikologi dapat dengan mudah dipelajari oleh siapapun. Alasannya pun beragam, mulai dari sudah terbiasa mengamati perilaku orang lain sampai materinya yang hanya hafalan. Padahal, belajar ilmu psikologi membutuhkan pemahaman yang tinggi, dan materinya juga ada hitungannya sob! Maka dari itu, gak tepat jika ilmu ini merupakan sesuatu yang mudah sob!

2. Ilmu Psikologi Hanyalah Sebatas “Akal Sehat”

Ketika mendengar suatu penelitian psikologi, banyak yang merasa, “Ah, gue mah udah tau dari dulu tentang begituan tanpa harus diteliti”. Dari situ, lo pun berpikir, “Jadi, ilmu psikologi itu cuma sebatas akal sehat aja ya?” Nah, padahal, ilmu psikologi merupakan sesuatu yang ilmiah, yang berarti diteliti secara adil dan objektif.

3. Lo Bisa Menjadi Psikolog Hanya dengan Lulus Sarjana

Ada yang bilang bahwa, “Buat jadi psikolog gak perlu sekolah tinggi-tinggi kok, cukup lulus sarjana aja”. Nah, itu merupakan salah satu bentuk miskonsepsi mengenai ilmu psikologi. Karena sejatinya, lo butuh gelar magister atau S2 untuk menjadi seorang psikolog. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa lo gak bisa jadi psikolog cuma lewat gelar sarjana sob!

4. Psikolog Dibayar Tinggi untuk Sekedar Mendengar Masalah Seseorang

Banyak dari lo yang mungkin berpikir bahwa psikolog mendapat bayaran tinggi untuk sekedar dengerin orang cerita mengenai masalahnya. Dari situ, lo pun berasumsi bahwa pekerjaan psikolog merupakan sesuatu yang mudah. Padahal, untuk menjadi seorang psikolog dibutuhkan kemampuan yang mumpuni, guna mampu memberikan saran yang baik kepada kliennya. Maka dari itu, bayaran tinggi psikolog merupakan hal yang wajar mengingat membutuhkan kemampuan yang gak mudah sob!

5. Ilmu Psikologi Bukanlah Ilmu Nyata

Terdapat anggapan bahwa ilmu psikologi bukanlah ilmu sains, alias bukan sesuatu yang nyata. Harus diakui memang bahwa ilmu ini memiliki keterbatasan, seperti misalnya perilaku manusia yang berubah-ubah. Dari situ, bisa dikatakan bahwa penelitian yang ada mungkin gak relevan dengan suatu kondisi. Akan tetapi, ilmu psikologi tetap merupakan suatu ilmu sains karena memenuhi syarat, yaitu: menggunakan metode empiris; peneliti melakukan kontrol dan manipulasi variabel; objektif; mengizinkan untuk pengujian hipotesis; hasil dapat direplikasi; dan hasil penelitian digunakan untuk memprediksi kejadian di masa depan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi

Nah, dikutip dari Psych2Go, terdapat beberapa manfaat yang lo dapat dari mempelajari ilmu psikologi. Di antaranya:

1. Meningkatkan Kemampuan dalam Berkomunikasi

Komunikasi yang baik merupakan komponen penting bagi lo dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Dari situ, tentu dibutuhkan pemahaman yang baik guna menjaga hubungan itu. Nah, melalui ilmu psikologi, lo bisa belajar untuk memahami orang lain lebih baik. Dengan begitu, lo bisa meningkatkan kemampuan komunikasi lo melalui mempelajari ilmu psikologi sob!

2. Belajar untuk Mengelola Stress yang Baik

Seringkali dinamika kehidupan memunculkan perasaan negatif dalam diri lo, seperti misalnya stress. Hal itu tentu dapat membawa dampak negatif bagi lo jika dibiarkan begitu saja. Akan tetapi, perasaan stress juga bisa dimaknai sebagai sesuatu yang positif lho, salah satunya guna meningkatkan motivasi lo dalam mencapai sesuatu. Nah, dengan ilmu psikologi, lo dapat belajar buat gimana cara mengelola stress yang baik sob!

3. Membantu Mengenal Diri Lebih Baik

Seringkali mungkin lo belum betul-betul mengenal siapa diri lo sebenarnya.. Tentu itu merupakan sesuatu yang penting buat lo ketahui. Nah, mempelajari psikologi dapat membantu lo untuk mengenali diri lebih baik, salah satunya dengan mengetahui apa kelebihan serta kekurangan diri lo. Dengan begitu, lo dapat mengenali diri serta membantu lo untuk menjadi pribadi yang lebih baik sob!

4. Memiliki Ilmu yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Ada yang mengatakan bahwa “sebaik-baiknya manusia merupakan seseorang yang bermanfaat bagi orang lain”. Nah, mempelajari psikologi dapat memberikan lo ilmu yang bermanfaat bagi orang lain lho! Misalnya, seperti memberi dukungan terhadap teman yang sedang galau akibat patah hati. Maka dari itu, ilmu psikologi dapat menjadikan lo orang yang bermanfaat bagi orang lain sob!

5. Meningkatkan Kemampuan Ingatan

Ada kalanya kesibukan dalam sehari-hari menurunkan kemampuan ingatan lo, sebab banyak hal yang harus lo pikirkan. Mulai dari deadline pekerjaan, rapat dengan atasan, sampai janji untuk bertemu teman. Nah, mempelajari psikologi dapat membantu diri lo dalam meningkatkan kemampuan ingatan. Salah satunya melalui mempelajari cara mengingat sesuatu yang efektif sob!

Webinar Mentoring Konseling Psikolog Satu Persen

Nah, semoga artikel ini memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi diri lo ya. Melalui ilmu psikologi, lo bakal belajar berbagai ilmu yang bisa lo aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan belajar memahami orang lain. Dari situ, bisa dibilang ilmu ini tak hanya memberikan manfaat bagi diri lo sendiri, melainkan juga bagi orang lain. Maka dari itu, gak ada kata terlambat bagi lo kok buat mempelajari ilmu ini sob! Harapannya, semoga tulisan ini membantu lo dalam mengenal ilmu psikologi ya sob!

Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Gue harap lewat membaca artikel ini ini bisa membuat lo berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Gua Fathan dari Satu Persen, thanks!