Cinta bisa dibilang merupakan salah satu misteri terbesar dalam kehidupan ini. Seringkali kita bertemu pujaan hati kita lewat hal yang tak terduga. Seperti bertemu di sekolah, kampus, atau tempat kerja. Pasti gak jarang diantara kalian yang bertanya ke diri sendiri “Kenapa aku jomblo?” atau “Kok aku jomblo terus, ya?”. Tentu butuh proses untuk mendapatkan hati sang pujaan. Salah satunya lewat melakukan pendekatan atau sering disebut PDKT. Nah, kali ini gue akan ngebahas tentang gimana cara untuk menarik hati gebetan!

Masa PDKT sendiri bisa dibilang salah satu masa paling mendebarkan bagi kebanyakan orang. Hal tersebut karena masa tersebut merupakan awal dari perjalanan lo mengejar cinta. Berbagai cara pun lo tempuh untuk menaklukkan sang pujaan hati. Salah satunya mencoba terlihat menarik di depan gebetan lo.

Misalnya, lo udah janjian nih sama gebetan lo buat ngopi di suatu coffee shop. Nah, lo mungkin bakal mikir, “Duh, gue ngerasa nervous nih buat ketemu doi besok.”Gue takut kehabisan topik dan kelihatan awkward di depan dia.” Berbagai persiapan pun lo lakuin sebelum ketemuan sama dia. Mulai dari cari topik pembicaraan, mikirin mau pake baju apa, sampai rencana buat kabur kalo misalnya gagal.

Kalo lo pernah ngalamin hal tersebut, lo berada di waktu yang tepat sob! Karena di tulisan kali ini gue bakal membahas rahasia buat dapetin hati doi. Penasaran? Yuk simak tulisan gue sampe habis!

Aku Jomblo Nih.. Gimana Caranya Supaya Bisa Terlihat Menarik?

Saat bersama gebetan, hampir semua dari lo bisa dibilang selalu ingin tampil menarik. Seperti misalnya nunjukin sisi baik diri lo, pake pakaian yang bagus, sampai mencari topik obrolan yang asik. Itu tentu merupakan sesuatu yang wajar. Lo ingin membuat kesan yang baik di awal pertemuan dengan doi.

Nah, hal demikian sering disebut sebagai first impression sob! Menurut penelitian, seseorang terbiasa menilai orang lain hanya dalam waktu beberapa detik saja saat pertama kali melihatnya sob! Penilaian tersebut dilakukan untuk menyeleksi apakah mereka memberi ancaman kepada kita atau tidak. Seperti ekspresi wajah, cara berbicara, sampai gestur tubuh yang orang tersebut tunjukkan.

Dari situ, mungkin lo bakal bertanya, “Terus gimana dong cara gue nunjukin first impression yang baik di depan gebetan gue?” Nah, gue bakal berbagi tips dari pengalaman pribadi gue buat lo nunjukin kesan baik saat PDKT sama gebetan lo biar gak jomblo lagi! Di antaranya: 

Jadilah Diri Lo Sendiri

Pas lagi PDKT, mungkin lo pernah mencoba menjadi orang lain biar terlihat keren di depan gebetan lo. Seperti ngelakuin suatu hal agar doi seneng sama lo. Padahal, lo sendiri sebenarnya gak suka ngelakuin hal tersebut. Tapi lo mikir, “Apa boleh buat.. Yang penting doi tertarik sama gue.”

Nah, hal yang kayak begitu sebaiknya lo hindari sob! Bayangin kalo setelah lo sama dia nanti lo udah gak ngelakuin hal yang bikin doi seneng sama lo. Kira-kira, gebetan lo bakal tetep mau sama lo apa enggak? Kemungkinan besar ya enggak.

Maka dari itu, penting buat lo menjadi diri sendiri saat bersama gebetan. Biar doi ngeliat diri lo yang sebenar-benarnya sob! Kalo masih gak pede, lo bisa kok ningkatin kemampuan diri lo sampai merasa layak buat banggain diri lo di depan gebetan. Pokoknya meningkatkan rasa pede menjadi diri sendiri serta membuat doi tertarik dengan lo tentunya sob!

Carilah Kesamaan antara Lo Berdua

Penting buat lo mencari kesamaan antara lo dengan gebetan. Kenapa? Karena kesamaan tersebut berguna buat jadi fondasi percakapan antara lo berdua sob! Emang sih mungkin bisa jadi lebih banyak perbedaan di antara lo. Tapi lo bisa kok mencari kesamaan dengan gebetan lo sekecil apapun itu.

Nah, lo bisa mencoba mencari kesamaan tersebut lewat nanyain apa ketertarikan yang gebetan lo punya. Misalnya, olahraga, musik, film, sampai pemikiran yang lo berdua sama-sama punya. Dari situ, lo bisa mengembangkan topik obrolan antara lo dengan doi. Tentunya guna meningkatkan ketertarikan gebetan dengan diri lo sob!

Buat Obrolan yang Bersifat Dua Arah

Setelah lo tau kesamaan antara lo berdua, cobalah buat obrolan yang bersifat dua arah. Gampangnya, pas lo ngobrol sama doi, gak lo doang yang menceritakan tentang diri lo, melainkan gebetan lo juga! Lo gak pengen kan berasa kayak lagi ngobrol sama tembok? Alias doi cuma ngangguk-ngangguk doang dengerin lo cerita. Bisa-bisa, gebetan lo malah jadi bosen ngobrol sama lo sob.

Nah, lo bisa ngasih pertanyaan yang bersifat terbuka pas ngobrol sama gebetan. Misalnya, lo berdua suka nonton bola. Nah, dari situ, lo bisa nanya ke dia, “Menurut lo lebih hebat Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi?” Dengan begitu, lo ngasih ruang buat doi menyampaikan pendapatnya. Tentunya, lo bisa nyoba nimpalin jawaban dia lewat ngasih tanggapan pribadi lo. 

Lo juga perlu mencoba jadi pendengar yang baik saat bersama gebetan. Salah satunya lewat gak motong pas doi lagi bercerita. Serta mencoba menghargai opini pribadi nya. Dengan begitu, rasa nyaman doi ke lo tentu bakal tumbuh seiring waktu berjalan. Pastinya lo juga pengen kan omongan lo didengerin sama gebetan?

Kasih Jeda saat Ngobrol

Mungkin lo lagi asik-asiknya obrolan pas sama gebetan. Rasanya kayak gak pengen berhenti tuh ngobrol sama dia. Tapi setelah diperhatiin kok doi kayaknya capek ya ngobrol terus-terusan. Lo sendiri mungkin juga sebenernya pengen berhenti sejenak buat ngobrol. Tapi lo mikir, “Ah takutnya kalo gue berhenti ngobrol doi mikir gue gak asik lagi.”

Nah, wajar aja kok sob buat lo ngasih jeda dalam obrolan lo dengan gebetan. Karena ya gak mungkinlah lo berdua ngobrol terus-terusan. Pasti ada saatnya lo dan dia pengen istirahat dulu buat sekadar mengecek gadget. Serta buat memikirkan sejenak tentang apa yang selanjutnya mau lo berdua obrolin tentunya.

Nah, lo bisa minta dia buat ngasih jeda sebentar dalam obrolan lo. Contohnya, “Eh bentar ya gue ke toilet dulu kebelet nih.” Dengan begitu, secara gak langsung lo ngasih jeda buat lo berdua beristirahat sejenak. Ini juga biar lo gak terkesan maksain dan sok asik di mata gebetan lo sob!

Kalo Aku Jomblo, Apa yang Harus Dihindari saat Bersama Doi?

Nah, kan lo udah tahu nih cara buat bikin gebetan tertarik. Tapi lo juga perlu paham ada beberapa hal yang harus lo hindari saat PDKT gebetan supaya bisa meningkatkan kesempatan lo buat menaklukan hati doi. 

Dikutip dari Huffpost, ada beberapa hal yang harus lo hindari saat fase PDKT gebetan, di antaranya:

Terlalu Sering atau Terlalu Jarang Menghubungi Gebetan

Penting buat lo ingat poin pertama ini sob! Karena intensitas lo menghubungi gebetan dapat berpengaruh dengan sikap doi lho. Saat lo keseringan, doi mungkin bakal mikir, “Kenapa sih ini orang ganggu banget nge-chat mulu.” Sebaliknya, ketika lo terlalu jarang nge-chat, doi jadi berpikir ulang tentang keseriusan lo buat menjalin hubungan. Ini tentu bisa membuat PDKT lo jadi berantakan sob!

Keseringan menghubungi juga bisa membuat keinginan gebetan lo buat nge-chat balik berkurang. Soalnya, doi berpikir lo akan selalu menghubungi duluan. Sebaliknya, terlalu jarang nge-chat juga bisa bikin gebetan lo berpikir, “Ini orang serius gak sih mau sama gue.” Alhasil, doi berpikir lo udah gak setertarik itu buat lanjutin hubungan ini.

Lo Langsung Nge-Chat Gebetan Selepas Pergi Bareng

Emang sih mungkin rasanya lo gak mau lepas kontakan sama gebetan habis pergi bareng. Mungkin lo takut kehilangan momen yang lagi hangat-hangatnya. Tapi gak ada salahnya juga buat ngasih doi ruang sejenak. Salah satunya guna memberikan gebetan lo kesempatan untuk merindukan lo sob!

Kebanyakan Ngobrol via Chat

Ngobrol via chat emang kadang mengasyikkan sih. Mungkin karena lo jadi lebih leluasa buat ngetik apa yang ada di pikiran lo. Tetapi perlu lo ingat juga bahwa buat menjalin hubungan yang lebih serius, chatting doang gak cukup sob! Butuh interaksi lebih secara langsung untuk lo berdua memahami sifat satu sama lain.

Selain itu, ngobrol via chat juga rentan menimbulkan miskomunikasi lho! Ini karena lo berdua gak bisa melihat ekspresi masing-masing ketika chatting. Kalian juga gak bisa mendengar intonasi saat mengatakan suatu hal. Entah itu lagi senang, sedih, sampai marah, semua gak ketahuan kalo lewat tulisan aja. Tentu hal ini bisa menimbulkan penafsiran yang berbeda oleh satu sama lain.

Terlalu Agresif dalam PDKT

Gue paham sih mungkin lo lagi semangat-semangatnya ngejar hati gebetan. Tapi terlalu bersemangat juga berbahaya lho sob! Bisa jadi doi merasa gak nyaman ketika lo terlalu agresif. Gebetan lo mungkin jadinya mikir, “Ini orang apaan sih. Bukan pacar, tapi udah berasa memiliki gue.”

Nah, tindakan agresif lo tersebut bisa berupa terlalu sering nanyain kabar dia, udah makan apa belum, sampai nanyain hal-hal gak penting. Syukur kalo misalnya dari awal gebetan lo tertarik sama lo karena bisa memperbesar kesempatan lo dapetin doi. Tapi gimana kalo misalnya belum tertarik? Adanya malah menjauh deh karena ilfeel.

Jangan Ke-Geeran

Poin terakhir ini mungkin sering banget lo alamin pas lagi PDKT gebetan. Rasanya setiap respons baik doi merupakan lampu hijau buat diri lo. Padahal sejatinya mah doi cuma pengen bersikap baik aja ke lo aja. Bisa juga ya sebenarnya dia gak pengen nyakitin hati lo aja sob.Misalnya, gebetan lo nge-reply status di media sosial lo. Dari situ, lo langsung berpikir, “Wah si doi mulai kepo nih soal keseharian gue.” Padahal sebenarnya dia cuma penasaran karena location di status lo menarik atau cuma pengen berteman baik sama lo aja.

Mendapatkan Hati Gebetan Biar Gak Jomblo Lagi!

Sampai sini, semoga lo udah paham apa ya apa do’s and don’ts pas lo lagi PDKT sama gebetan. Eits tapi tunggu dulu sob, perjuangan lo buat menaklukan hati doi gak sampai situ aja. Bisa dibilang yang tadi itu baru setengah perjalanan lo untuk menuju pelabuhan “cinta”. Di bagian ini gue bakal berbagi tips buat lo mendapatkan hati pujaan hati lo! Tentu butuh keberanian serta ketabahan bagi lo buat melakukannya.

Nah, Madeleine A. Fugère, psikolog asal Amerika, menjelaskan ada beberapa hal yang bisa lo lakuin untuk meningkatkan kesempatan lo mendapatkan hati gebetan. Di antaranya:

Biarkan Gebetan Tahu bahwa Lo Tertarik sama Dia

Lo bisa mencoba ngomong ke gebetan bahwa sebenarnya lo tertarik sama doi. Emang sih ini butuh keberanian yang besar. Tetapi dengan lo ngomong begitu, dia akan tau apa sebenarnya intensi lo. Tentunya dengan begitu gebetan lo akan lebih mudah nentuin apakah doi mau sama lo apa enggak.

Nah, lo bisa mulai menunjukan ketertarikan ke gebetan lewat ngomong ke doi. Gak perlu ribet-ribet ngomongnya. Cukup sampein alasan ketertarikan lo dengan doi. Misalnya, karena doi cantik, pintar, lucu, atau bisa membantu lo jadi orang yang lebih baik. Dengan begitu, gebetan lo bisa paham niat lo selama ini deket sama dia itu apa.

Biasakan untuk Duduk di Sebelahnya

Lo bisa mencoba membiasakan diri buat lebih sering duduk berdekatan dengan gebetan.  Hal ini juga dapat meningkatkan ketertarikan doi dengan lo, sebab menurut penelitian kedekatan fisik dapat menunjukkan bahwa lo sedang tertarik dengan dirinya sob! Ini bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan hati gebetan lo tentunya

Sambil duduk berdekatan, lo bisa ngobrolin keseharian lo berdua. Misalnya, ngobrol seputar perkuliahan, hingga kehidupan pribadi masing-masing. Dengan begitu ketertarikan satu sama lain dapat tumbuh seiring kedekatan fisik lo berdua. Ini juga bisa menumbuhkan rasa percaya akan masing-masing.

Perbanyak Kontak Mata

Lo bisa mencoba sering menatap mata gebetan lo saat ngobrol. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan ketertarikan lo dengan doi. Sambil menatap matanya, cobalah sesekali melemparkan pujian terhadap dirinya. Percaya deh kesempatan lo buat mendapatkan hati doi bakal jauh lebih besar sob!

Bentuk pujian yang diberikan gak harus soal fisik. Melainkan bisa seperti pujian mengenai kelebihan dirinya. Contohnya, “Lo hebat banget deh main pianonya.” Ingat, pujian haruslah tulus, sebab mata gak bisa bohong, bukan?

Habiskan Waktu Bersama dengan Kegiatan yang Menantang Adrenalin

Lo bisa sering-sering menghabiskan waktu bersama gebetan dengan kegiatan yang menantang adrenalin. Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang menantang mampu meningkatkan ketertarikan antara lo dengan gebetan melalui emosi yang ditunjukkan oleh masing lo. Tentunya ini bisa meningkatkan kedekatan antara lo berdua.

Misalnya, lo bisa mencoba mengajak gebetan lo bermain wahana di taman rekreasi. Dari situ lo berdua bisa saling melepaskan emosi masing-masing. Mulai dari senang, sedih, sampai takut. Harapannya, ini dapat meningkatkan ketertarikan lo berdua guna mendapatkan hati pujaan hati lo!

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri dalam PDKT dengan gebetan. Besar kecilnya kesempatan tergantung pada situasi kondisi saat lo melakukan PDKT. Penting untuk belajar sabar dalam prosesnya sembari melakukan yang terbaik guna mendapatkan hati gebetan lo, sob!
Kalo lo merasa kesulitan saat PDKT dengan gebetan, santai aja. Lo bisa ikut online mentoring Satu Persen. Di dalamnya lo bisa menceritakan kesulitan lo tersebut bersama mentor-mentor yang terlatih. Lo bisa ikut online mentoring dengan ngeklik di sini. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow Instagram Satu Persen di @satupersenofficial, dan tonton video Satu Persen tentang “Cara Menarik Hati Gebetan (Alasan Lo Masih Jomblo)” di YouTube! Jangan lupa buat like, comment, dan subscribe kanal YouTube Satu Persen – Indonesian Life School! Gue harap membaca artikel ini bisa membuat lo berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Gua Fathan dari Satu Persen, thanks!