Apakah kamu termasuk golongan orang-orang yang menyempatkan sedikit waktumu untuk bisa berolahraga atau malah selalu beralasan tidak memiliki waktu untuk bisa berolahraga? Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga coba tanyakan pada dirimu sendiri apakah yakin, waktu yang kamu miliki tidak ada atau justru kamunya saja yang enggan untuk menyempatkan waktumu untuk berolahraga? Sebagian besar orang yang aku temui berkata bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk bisa berolahraga, apakah kamu termasuk kedalam salah satunya?

Nah, di artikel kali ini aku akan menjelaskannya pentingnya olahraga untuk bisa meningkatkan rasa percaya dirimu, cara membangun motivasi dalam berolahraga dan berbagai manfaat lainnya dalam rutin melakukan olahraga. Jadi saran aku, kamu baca artikel ini sampai habis supaya kamu bisa mendapatkan insight nya secara menyeluruh dan jangan lupa untuk di share ke teman-teman mu agar mereka juga mendapatkan manfaat yang sama dengan mu.

Kenapa Kamu Harus Berolahraga

Oke aku awali pembahasan kali ini dengan mengapa kamu harus mulai rutin berolahraga, menjelaskan berbagai macam manfaat jika kamu berolahraga secara rutin.  Hal ini bertujuan agar pondasi tujuan dan motivasi kamu diawal kuat sehingga nantinya ketika mengalami struggle kedepannya kamu tak mudah jatuh dan menyerah karena kamu tau kenapa kamu melakukan itu semua. Alasan kenapa kamu harus rutin berolahrga salah satunya adalah agar kamu bisa jadi jauh lebih percaya diri, memang apa hubungannya olahraga dengan percaya diri?
Yap, mereka memiliki hubungan diantaranya adalah ketika kamu berolahraga secara rutin maka secara tidak langsung kamu akan memiliki kondisi tubuh yang lebih prima serta ideal dibandingkan sebelumnya, pikiran jauh lebih tenang, dan kamu bisa jadi jauh lebih produktif. Sebagian manfaat diatas dapat memicu rasa percaya diri yang tinggi di dalam dirimu karena sejatinya mengutip perkataan didalam filosofi teras yang menyatakan bahwa satu-satunya hal yang bisa kamu kendalikan adalah dirimu sendiri. Maka dari itu olahraga merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan kepercayaan dirimu.

Manfaat Olahraga Secara Rutin

Sebelumnya aku udah jelasin secara singkat beberapa manfaat dari berolahraga secara rutin dan masih banyak sekali sebetulnya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tubuh ideal

Bagi kamu yang masih suka kurang pede atau insecure dengan berat badanmu solusi sederhanya bisa dimulai dengan cara berolahraga, dengan berolahraga kamu bisa menurunkan berat badanmu menjadi lebih ideal yang nantinya akan berdampak juga kepada kesehatanmu kedepannya. Tentunya diimbangi dengan mengatur pola makan dan istirahat yang cukup setiap harinya.

2.Meningkatkan rasa disiplin dan tanggung jawab

Ketika kamu sudah terbiasa untuk berolahraga maka selanjutnya dampak yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa jadi jauh lebih disiplin terhadap apa yang kamu konsumsi, disiplin mengatur waktu, dan kamu jadi belajar yang namanya tanggung jawab pada diri kamu sendiri.

3. Mengaktifkan hormon kebahagiaan

Mengutip pernyataan dari webmd yang mengatakan bahwa ketika kamu berolahraga dengan durasi manimal 10 sampai 30 menit saja secara ilmiah tubuh akan memproduksi hormon seperti dopamin, endorfin, dan serotonin. Hormon dopamin berperan dalam mengatur suasana hati, endorfin dikenal sebagai hormon kebahagiaan, dan serotonin berperan mirip seperti dopamin tetapi ia lebih berperan dalam mengatur siklus tidur, kemampuan bernalar, nafsu makan, dan daya ingat. Ketiga hormon ini dikenal dengan istilah hormon kebahagiaan, dimana cara meningkatkan dan mengaktifkan hormon ini salah satunya dengan cara berolahraga.

4. Mengurangi stress

Saat kamu sudah mulai rutin berolahraga secara tidak kamu sadari ketiga hormon diatas tadi akan aktif dan bekerja sehingga membuat kamu menjadi jauh lebih tenang dan merasa jauh lebih bahagia. Hal ini akan mengurangi rasa stress yang bisa kamu dapatkan akibat pekerjaaan, tugas kuliah, dan segala bentuk permasalahan yang diberikan oleh kehidupan kepada dirimu. Berkurangnya rasa stress bisa juga mengakibatkan imunitas tubuh menjadi meningkat dan terhindarnya kamu dari berbagai macam penyakit. Pas sekali dengan situasi pandemi seperti saat ini, yang mengharuskan kamu untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Memiliki kondisi fisik yang ideal memang bukan satu-satunya cara untuk bisa menjadi lebih percaya diri tetapi fakta dilapangan yang sering aku temui bahwa banyak sekali seseorang yang memiliki kelebihan fisik mulai dari paras wajah, berat badan ideal, dan kondisi fisik lainnya yang mendapatkan kemudahan didalam hidupnya. Apakah kamu sependapat denganku? Tidak masalah jika tidak sependapat, karena tidak bisa dipungkiri hal tersebut semakin menjelaskan bahwa kondisi fisik memang memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan rasa percaya diri, dengan langkah kecil berolahraga secara rutin kamu bisa semakin dekat untuk bisa meraih berat badan ideal mu, postur tubuh favoritmu, dan lainnya yang akan menumbuhkan rasa percaya dirimu.

Hal yang perlu kamu ingat adalah olahraga yang timbul bukan dari hati sendiri cepat atau lambat akan mudah sekali untuk menjadi inkonsistensi. Maka penting sekali menanamkan kebiasaan berolahraga ini mulai sedari dini bukan untuk orang lain tetapi untuk diri kamu sendiri yah.

Penyebab Susahnya Konsisten Berolahraga

Banyak sekali orang yang diawal semangat sekali untuk berolahraga tetapi tak lama semangatnya hilang begitu saja, berikut menurutku beberapa penyababnya

1. Hanya ikut-ikutan

Percaya deh sama aku kalo kamu hanya ikut-ikutan saja cepat atau lambat kamu akan susah sekali untuk bisa konsisten dalam berolahraga. Walaupun tidak semua seperti itu tetapi sebagian besar orang yang berolahraga motivasinya hanya ikut-ikutan baik karena teman-temannya olahraga atau karena trend saja maka ketika kedua faktor itu hilang secara tidak langsung kamu nantinya akan juga berhenti juga karena motivasi dan tujuan diawal kamu sudah hilang atau tidak berolahraga lagi.

2. Pencitraan di sosial media

Tidak ada salahnya kamu melakukan pencitraan sedang berolahraga di sosial media baik itu kamu memposting segala kegiatan kamu saat sedang berolahraga, mengatur pola makan dan lain sebagainya. Bisa jadi itu motivasi kamu agar bisa semakin konsisten dalam melakukannya, tapi tak jarang banyak sekali orang melakukan itu bukan dari dalam dirinya sendiri tetapi hanya ingin mendapatkan perhatian dari orang lain. Hal inilah yang kurang tepat menurutku, karena ketika kamu tidak mendapatkan itu maka percaya deh sama aku cepat atau lambat kamu akan lelah juga dan akhirnya berhenti melakukannya. Lain cerita kalo kamu memang memiliki tujuan dan motivasi yang kuat diawal pada diri sendiri, dapat atau tidaknya perhatian dari orang lain maka kamu akan tetap berolahraga. Kamu masuk kedalam golongan yang mana nih?

3. Tak mendapatkan hasil

Ini alasan yang paling sering aku dengar, tak kunjung mendapatkan hasil membuat seseorang jadi malas untuk rutin berolahraga. Penting kamu ketahui sebelum memulai untuk berolahrga secara rutin, hasil yang ditimbulkan dalam olahraga itu masuk kedalam kriteria jangka panjang. Tidak ada hasil yang instan bagi kamu yang baru memulai untuk berolahraga, hal ini yang berat tapi percaya deh sama aku kalau cepat atau lambat jika kamu rutin berolahraga, konsisten mengatur pola makan dan istirahat yang cukup maka hasil dari olahraga ini akan segera terlihat. Kelebihan dari hasil yang berfek jangka panjang ini adalah ketika kamu berhasil mendapatkannya, maka kamu akan senantiasa menjaga dan merawatnya sekuat tenaga kamu. Karena menurutku diawal tadi, kamu mendapatkanya dengan susah payah otomatis kamu jadi bisa jauh lebih disiplin dan bertanggung jawab. Lain hal ketika kamu mendapatkannya secara instan dan mudah, maka rasa menjaganya akan beda deh.

Jadi kesimpulannya sedikit aku bahas lagi adalah olahraga dapat meningkatkan rasa percaya diri karena ketika kamu berolahraga secara tidak sadar kamu sedang mengaktifkan hormon kebahagiaan didalam dirimu yang berdampak pada suasana hatimu yang jauh lebih terkontrol dan cenderung baik. Kemudian dengan berolahraga secara rutin, kamu bisa meraih body goals dan postur tubuh favoritmu dimana hal itu akan sangat mempengaruhi rasa kepercayaan dirimu yang semakin meningkat dibandingkan sebelumnya.

Hal yang mesti kamu ketahui adalah olahraga yang baik tidak melulu harus ke tempat fitness yang bisa memerlukan banyak biaya, kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga yang gratis seperti berlari mengelilingi lapangan atau disekitaran rumahmu, melakukan olahraga dengan body weight atau berat badanmu sendiri seperti push up, sit up, dan gerakan lainnya yang bisa dilakukan didalam rumah. Karena situasi pandemi seperti saat ini, kamu harus pintar-pintar membawa diri jika memang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga outdoor maka lakukan olahraga dirumah saja tetapi ingat situasi ini bukan dijadikan alasan untuk tidak berolahrga ya.

Kalau memang kamu sudah berolahraga tetapi masih merasa kurang percaya diri. Kamu bisa banget ikutan layanan online konseling dan ikutan mentoring dari Satu Persen karena disana kamu akan langsung berbicara dengan ahlinya. Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seputar “cara supaya bisa konsisten”, tonton video Satu Persen di bawah ini. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial.

Segitu dulu dari aku, akhir kata aku mau mengingatkan jika sakit setelah berolahraga itu namanya konsekuensi bukan malah dijadikan alasan untuk berhenti, “slow progress is always best progress” . Aku harap lewat membaca artikel ini, bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Thanks!

Referensi

https://www.webmd.com/mental-health/what-is-dopamine#1