Siapa saja di antara kamu yang paling benci jika diminta menghafal? Entah itu menghafal sejarah, ataupun rumus-rumus matematika Tentu, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Banyak sekali informasi yang harus dimasukkan ke dalam otakmu— sangat mungkin kamu  jadi merasa lelah dan overwhelmed karenanya. Mungkin kamu juga sering menemukan kondisi seperti ini: kamu sudah menghabiskan banyak waktu untuk menghafal dan mengulang-ulang puluhan kata di kepalamu, tetapi setelah kamu selesai melakukannya, ternyata kamu tidak dapat mengingat satu hal pun. Mungkin kamu frustrasi, bingung harus belajar dengan cara seperti apa. Lantas kamu bertanya-tanya “Memangnya ada ya, tips belajar efektif buat hafalan?

Tenang… jawabannya ada, lho! Jika ada banyak informasi yang harus kamu ingat, tentu kamu tidak bisa hanya membacanya berulang-ulang. Metode seperti itu tidak efektif karena kamu harus meluangkan sangat banyak waktu dan tenaga untuk benar-benar mengingatnya dengan sempurna. Meskipun demikian, ada nih, tips belajar efektif yang dapat kamu aplikasikan untuk belajar. Penasaran tips belajar efektifnya apa? Tidak lain dan tidak bukan: Metode mind map!

Photo by Charles Deluvio on Unsplash


Sebenarnya, metode mind map itu apa?

Buat kalian yang belum familiar dengan metode mind map, metode ini adalah cara mudah untuk mengolah informasi baru secara alami tanpa khawatir akan urutan atau struktur informasi tersebut. Kamu dapat secara visual menggambarkan cabang-cabang idemu yang membuatmu lebih mudah untuk menganalisis dan mengingat kembali ide-idemu itu.

Di dalam mind map, umumnya konsep dasar digambarkan di bagian tengah, kemudian dihubungkan dengan berbagai tindakan, kata-kata, konsep, dan hal-hal lainnya yang berkaitan. Tenang, semua ini disusun sekehendak hatimu, kamu tidak diharuskan untuk menulisnya dalam urutan tertentu. Hal ini membuatmu dapat mengingat secara alamiah karena mengikuti cara otakmu memproses informasi.

Dahulu, ketika menulis sesuatu adalah hal yang sangat mahal dan menghabiskan uang, orang-orang Yunani membuat suatu sistem untuk berkomunikasi dan berbagi informasi yang disebut loci. Di dalam sistem ini, mereka mengekspresikan apa yang ingin mereka ungkapkan dengan gambar, sedikit kata, dan garis-garis yang menghubungkannya. Hal ini terbukti efektif membuat seseorang mengingat suatu pesan yang panjang hanya dengan sedikit gambar dan tulisan. Sistem mind map yang ada sekarang ini adalah bentuk pengembangan dari loci.

Apa sih, yang membuat mind map jadi tips belajar efektif paling jitu?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, caramu menyusun mind map kurang lebih merepresentasikan secara visual cara kerja otakmu. Selain itu, kamu juga dapat mencurahkan kreativitasmu selama proses pembuatannya sehingga membuat mind map membuat kesan dalam dirimu yang akan membuatmu semakin termotivasi dari dalam diri untuk mempelajarinya. Nah, selain itu, ada beberapa poin lain nih yang membuat mind map adalah tips belajar efektif yang layak kamu coba:

1. Membuat pembelajaranmu menjadi lebih bermakna

Peneliti membagi 3 level pembelajaran, non-learning, situasi dimana kamu tidak dapat mengukur perbedaan antara pengetahuanmu sebelum belajar dan pengetahuanmu setelahnya; rote learning, situasi dimana kamu mempelajari informasi baru, tetapi kamu tidak mengetahui hubungannya dengan pengetahuan yang sudah kamu miliki sebelumnya; dan meaningful learning, situasi dimana kamu dapat menghubungkan informasi yang sudah kamu ketahui dan yang baru saja kamu dapatkan— membentuk sebuah pengetahuan baru yang solid.

Ketika kamu membuat sebuah mind map, kamu tidak hanya menghubungkan satu informasi dengan informasi lainnya dengan garis— tetapi di dalam otakmu, kamu sendiri menjadi mengetahui hubungan antara suatu informasi dengan informasi lainnya. Hal itu membuat pembelajaranmu menjadi lebih bermakna sembari kamu mengerjakan mind map-mu.

2. Membantumu mengingat dan mengulang

Selain meniru cara otakmu berpikir, mind map juga dibuat dengan metode diagram yang menurut ahli jauh lebih mudah diingat oleh otak dibandingkan dengan metode lainnya. Hal ini karena metode mind map mengombinasikan tulisan dan gambar untuk menyampaikan informasi. Bahkan, menurut penelitian, metode mind map bisa meningkatkan kemampuan mengingatmu hingga 10-15%. Banyak sekali, bukan?

3. Membuatmu lebih mudah memahami hal yang kompleks

Bayangkan jika kamu melihat berbagai untaian benang yang kusut dan kamu ingin menarik keluar salah satu untaiannya, bagaimana menurutmu cara menariknya? Tentu kamu akan merasa bahwa itu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Begitu pula dengan informasi yang kompleks. Sebenarnya, informasi yang kompleks itu terdiri dari kumpulan informasi-informasi sederhana. Caramu untuk memahaminya dengan lebih mudah adalah dengan mengurainya kembali menjadi informasi-informasi sederhana.

Hal ini sudah terbukti, lho. Di dalam sebuah survei, 67% responden menyatakan bahwa cara ini sukses membuat mereka lebih mudah menemukan akar persoalan dari suatu masalah yang rumit. Bahkan, 92% responden menyatakan bahwa mind map membantu mereka lebih mudah memahami informasi yang awalnya dirasa rumit. Jadi, kamu pasti bisa melakukannya!

Terus, bagaimana cara membuat mind map?

Tentu, selain membantumu lebih paham informasi baru, mind map menjadi salah satu tips belajar efektif paling jitu karena kemudahan pembuatannya. Berikut adalah tahap-tahapan membuat mind map:

1. Start

Di tengah sebuah halaman kosong. Tuliskan atau gambarkanlah konsep atau ide awal yang ingin kamu kembangkan. Kamu dapat melakukannya dengan posisi kertas landscape atau portrait, tetapi disarankan landscape agar kamu lebih leluasa membuat cabang-cabang dari konsep dasar tersebut.

2. Develop

Konsep dasar tersebut dengan menghubungkan konsep dasar tersebut dengan subtopik-subtopik lainnya yang berhubungan menggunakan garis.

3. Repeat

Kembangkan pula tiap-tiap subtopik dengan cara yang sama seperti yang dituliskan 1 dan 2. Kamu dapat mengembangkannya terus menerus hingga subtopik terkecil.

Kamu juga boleh mempraktikkan beberapa rekomendasi berikut agar membuat mind map-mu lebih efektif penggunaannya:

  1. Gunakan warna-warna, gambar, dan simbol. Dengan menggunakan variasi tersebut, otakmu akan lebih mudah membedakan suatu informasi dibandingkan yang lain. Jika kamu gemar menggambar, kamu bisa menjadikan mind map-mu sebagai salah satu karya terbaikmu. Jika kamu merasa tidak pandai, tenang, yang penting mind map-mu kamu rasa mudah untuk dipahami.
  2. Tuliskan poin-poinmu seringkas mungkin. Ingat, tujuanmu membuat mind map adalah untuk menyederhanakan hal yang ingin kamu pelajari. Oleh karena itu, sebisa mungkin jelaskan tiap-tiap poin secara sederhana dan mudah dimengerti. Kamu juga bisa merepresentasikannya dengan gambar agar lebih mudah memahaminya.
  3. Variasikan ukuran tulisan, warna, dan garis-garis yang kamu buat.  Agar kamu lebih mudah memahami topik yang sedang dibahas, kamu juga bisa memainkan ukuran tulisan, warna, dan pola garis sehingga membuat otakmu lebih mudah untuk membedakannya. Hal-hal yang penting biasanya ditulis dengan ukuran tulisan yang lebih besar dan ditebalkan agar lebih mudah tertangkap mata. Atau, bentuk-bentuk informasi dari suatu bagian tertentu dapat kamu berikan kode warna yang sama. Intinya, bantulah otakmu untuk mengelompokkan informasi dari bagaimana caramu menyajikannya secara visual.

Ternyata, belajar dengan metode mind map itu bermanfaat dan mengasyikkan yah! Setelah ini, jangan lupa untuk menerapkannya secara pribadi. Mau tahu tips belajar efektif lainnya? Kamu dapat belajar soal strategi belajar deliberate practice yang cocok buatmu untuk meraih keahlian di bidang yang tidak kamu sangka-sangka lewat artikel Satu Persen yang ini. Lengkap banget ya, konten-konten blog dan youtube Satu Persen? Makanya, jangan lupa untuk cek dan stay updated! Semoga artikel ini bisa membantumu lebih baik, setidaknya Satu Persen setiap harinya, menuju hidup seutuhnya. Ciao!

Webinar Mentoring Konseling Psiklog Satu Persen

Referensi

Mindmapping.com. (2020). What is a Mind Map? Retrieved October 04, 2020, from https://www.mindmapping.com/mind-map.php

Brain Power, Litemind. (2012, August 18). What is Mind Mapping? (and How to Get Started Immediately). Retrieved October 04, 2020, from https://litemind.com/what-is-mind-mapping/

Greene, J. (2020, April 09). 7 Research-Backed Benefits of Mind Mapping. Retrieved October 04, 2020, from https://www.mindmeister.com/blog/mind-mapping-benefits-who-needs-mind-maps/