When you work from home there is no such thing as a holiday.” ― Anthony T. Hincks

Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Ini dilakukan guna menekan angka persebaran virus corona yang makin hari makin meningkat. Nah, salah satu bentuk social distancing tersebut antara lain melalui work from home, alias bekerja dari rumah. Tentunya, hal tersebut memunculkan berbagai reaksi dari masyarakat luas.

Bagi mereka yang termasuk kaum “rebahan”, bekerja di rumah mungkin dianggap sebagai surga dunia. Karena dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa harus meninggalkan tempat tidur mereka. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi sebagian orang. Karena gak semua pekerjaan dapat dilakukan dari rumah tentunya. Belum lagi berbicara kesiapan pekerja serta perusahaan untuk menerapkan sistem work from home tersebut.

Nah, bagi lo yang aktif main sosial media, mungkin udah gak asing dengan istilah work from home. Tagar seperti #DiRumahAja mungkin udah jadi makanan sehari-hari lo. Awalnya, mungkin lo bakal mikir, “Wah asik juga ya kerja/kuliah online, gak perlu repot berangkat pagi-pagi.” Tapi, semakin ke sini mungkin lo mikir, “Duh bosen juga ya di rumah gini-gini aja,” “Tiap hari kerjaannya cuma liatin laptop doang, kangen deh suasana ngantor/ ngampus.” 

Dari situ, lo mungkin bakal mikir, “Duh rasanya lama-lama gue gak produktif deh karena bosen banget gitu-gitu aja di rumah.” Nah, tenang aja sob, dalam artikel kali ini gue bakal berbagi tips biar lo tetap produktif selama bekerja dari rumah. Penasaran? Yuk simak tulisan gue sampe habis!

Apa Itu Work From Home?

Sebelum membahas lebih jauh, gue bakal jelasin sekilas tentang apa sih work from home atau itu. Dikutip dari MBASkool, bekerja di rumah merupakan suatu konsep seseorang dapat melakukan pekerjaan dari rumahnya. Mereka dapat bekerja secara fleksibel dalam melakukan pekerjaannya. Work from home dinilai dapat memberikan work-life balance alias memberikan keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari, serta dinilai dapat memberikan hasil pekerjaan dengan baik kepada perusahaan sob!

Nah, lalu gimana dengan work from home di Indonesia sendiri? Seperti yang lo ketahui, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah sejak pertengahan Maret lalu. Hal tersebut gak cuma berlaku buat pekerja kantoran doang tentunya. Ini juga berlaku bagi pelajar, mahasiswa, sampai bimbingan belajar secara online.

Kelebihan serta Kekurangan Work From Home

Sekilas, work from home memang terlihat menyenangkan. Karena mungkin lo gak perlu tuh yang namanya bangun pagi-pagi buat berangkat kerja. Namun, gak semua orang menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang positif. Nah, dikutip dari U.S.News, ada beberapa kelebihan yang didapat seseorang dari work from home. Di antaranya: 

Pertama, kamu dapat bekerja lebih fleksibel.

Bekerja di rumah dapat membuat lo lebih leluasa alias fleksibel dalam melakukan pekerjaan sob! Melalui keberadaan sosial media, lo bisa melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus repot-repot ke kantor. Selain itu, lo juga bisa berpindah ruangan kalo misalkan lagi bosan di kamar.. Seperti pindah ke ruang tamu, kamar anggota keluarga lain, sampai teras rumah.

Bekerja di rumah juga memudahkan lo buat memonitor pekerjaan secara online alias jarak jauh. Lo bisa memanfaatkan keberadaan media sosial seperti whatsapp, line, zoom, sampai skype guna melakukan rapat dengan rekan kerja. Selain itu, jam kerja juga dapat disesuaikan melalui kesepakatan masing-masing. Tentunya, lo harus tetap bertanggung jawab lho ya dengan pekerjaan lo.

Kedua, kamu dapat lebih fokus bekerja.

Bekerja di rumah juga dapat membuat lo lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. Karena lo dapat melakukan pekerjaan tanpa gangguan dari lingkungan sekitar lo. Beda halnya pas lo lagi berada di kantor. Karena mungkin saja keberadaan rekan kerja lo membuat lo jadi susah fokus sama kerjaan lo sob!

Nah, lewat lo dapat fokus bekerja, tentunya juga dapat berpengaruh dengan kepuasan kerja lo. Kenapa? Karena lo dapat bekerja lebih maksimal saat lo fokus. Alhasil, kepuasan kerja lo akan meningkat karena hasil pekerjaan lo lebih maksimal.

Ketiga, kamu bisa menghemat biaya transportasi.

Bekerja di rumah juga dapat menghemat biaya transportasi lo sob! Biasanya, lo perlu mengeluarkan biaya buat bensin kendaraan pribadi serta naik kendaraan umum. Tapi, dengan lo bekerja dari rumah lo jadi gak perlu mengeluarkan biaya tersebut, sehingga dapat dialokasikan untuk keperluan yang lain.

Keempat, kamu bisa lebih dekat dekat keluarga.

Bekerja di rumah secara tidak langsung membuat lo jadi lebih dekat dengan keluarga. Bagi lo yang biasanya sibuk bekerja serta berkuliah, waktu dengan keluarga mungkin menjadi suatu hal yang langka. Karena dihadapkan dengan tuntutan yang lo miliki. Namun, dengan harus melakukan work from home, lo dapat meluangkan waktu dengan keluarga lebih banyak ketimbang biasanya.

Walaupun terdapat banyak kelebihan, work from home sendiri juga memiliki beberapa kekurangan bagi seseorang dalam melakukan pekerjaan. Di antaranya:

Pertama, kamu bisa jadi sulit membedakan waktu kerja dengan istirahat.

Memang sih, work from home membuat lo lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan. Tetapi, ada kalanya mungkin lo kesulitan dalam mengatur waktu antara bekerja dengan istirahat sob! Karena gak ada jam kerja yang pasti saat lo bekerja di rumah. Alhasil, lo mungkin jadi banyak rebahannya ketimbang bekerjanya.

Nah, kurang jelasnya jam kerja tersebut juga dapat membuat lo menjadi mood-mood-an dalam melakukan pekerjaan. Kenapa? Karena tentunya gak ada yang mengawasi pekerjaan lo saat berada di rumah, sehingga muncul banyak godaan seperti rebahan di tempat tidur serta terlalu sering membuka media sosial. Alhasil, lo mungkin cenderung menunda pekerjaan. Akibatnya, lo telat mengumpulkan pekerjaan dari deadline yang ada.

Kedua, berpeluang besar terjadi miskomunikasi.

Work from home cenderung dapat terjadi miskomunikasi antara lo dengan rekan kerja sob! Kenapa? Karena mungkin saat di kantor, lo dapat dengan mudah berkomunikasi dengan mereka. Sedangkan, selama work from home lo mau tidak mau harus berkomunikasi lewat online dengan rekan kerja lo. Makanya, besar peluang untuk terjadi miskomunikasi tentang satu dua informasi tentang pekerjaan lo.

Selain itu, work from home juga membuat lo sulit untuk memonitor pekerjaan rekan kerja satu sama lain. Beda hal jika bekerja langsung di kantor. Lo dapat dengan mudah menanyakan serta berkoordinasi mengenai pekerjaan. Alhasil, hal tersebut juga dapat menciptakan miskomunikasi mengenai pekerjaan.

Ketiga, biaya operasional rumah meningkat.

Work from home memang membuat lo jadi dapat memangkas biaya transportasi lo ke kantor. Namun, hal tersebut malah dapat menambah biaya operasional di rumah karena biasanya segala keperluan mengenai pekerjaan ditanggung oleh kantor sendiri. Namun, sekarang itu menjadi tanggungan lo karena harus bekerja dari rumah.

Contohnya, lo jadi harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan akses internet di rumah. Seperti mungkin tambahan kuota internet, sampai pemasangan wifi. Belum lagi lo harus membayar tagihan listrik lebih. Karena segala aktivitas lo sehari-hari dilakukan dari rumah.

Keempat, gak semua pekerjaan bisa dilakukan lewat work from home.

Bagi lo yang pekerja kantoran, work from home mungkin bukan menjadi suatu masalah besar. Karena lo tetap dapat melakukan pekerjaan melalui jaringan online. Namun, lain halnya dengan pekerjaan yang membutuhkan aktivitas langsung. Misalnya seperti pekerjaan di bidang jasa, berdagang, sampai kerja kasar.

Gue kasih contohnya misalnya driver angkutan umum atau online. Pekerjaan mereka tentunya tidak dapat dilakukan dari rumah. Karena mereka harus keluar rumah guna mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga work from home menjadi suatu masalah bagi mereka yang harus bekerja di luar rumah.

Cara Untuk Tetap Produktif Selama Work From Home

Hari demi hari telah terlewati dengan work from home. Beberapa dari lo mungkin udah bosen banget bekerja dari rumah. Kayak udah gak nemuin inspirasi lagi buat ngerjain pekerjaan. Rasanya lebih asik kalo bekerja dengan rekan-rekan kantor karena bisa sambil ngobrol di sela-sela pekerjaan.

Namun, work from home tetap menjadi suatu keharusan bagi lo semua untuk saat ini. Lagian juga udah ada imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Tenang aja sob, di bagian ini gue bakal berbagi cara buat lo untuk tetap produktif meskipun harus bekerja secara work from home.

Dikutip dari Forbes, ada beberapa cara yang bisa lo lakuin agar tetap produktif selama work from home. Di antaranya:

Pertama, cobalah untuk tetap terhubung dengan sekitar.

Work from home bukan berarti hubungan lo dengan orang sekitar diabaikan begitu saja sob! Jennifer Kem, ahli strategi bisnis, mengenalkan istilah tiga C (Connection, Community, Creativity) untuk meningkatkan produktivitas seseorang. Kem merekomendasikan istilah ini guna meningkatkan produktivitas lo selama work from home.

  • Connection: Lo bisa memanfaatkan media sosial untuk terhubung satu sama lain selama work from home ini. Salah satunya agar lo tidak merasa jenuh ketika bekerja, serta meningkatkan produktivitas lo selama di rumah.
  • Community: Kalo lo ada dalam sebuah komunitas, lo bisa banget mencoba menjalin hubungan dengan mereka. Dengan begitu, lo bisa saling berbagi kisah mengenai pekerjaan masing-masing selama work from home.
  • Creativity: Lo juga bisa memanfaatkan waktu luang di sela pekerjaan untuk melakukan hal-hal baru. Misalnya, lo bisa coba belajar menggunakan aplikasi yang lo mungkin belum kuasai. Hal tersebut bertujuan untuk menambah keterampilan lo guna meningkatkan produktivitas selama work from home.

Kedua, manfaatkan sumber daya yang Lo punya.

Work from home mungkin memang tidak mudah bagi sebagian dari lo. Soalnya lo mungkin harus menyesuaikan diri kembali guna melakukan pekerjaan. Namun, menurut Amy Porterfield, ahli marketing, lo dapat memanfaatkan sumber daya yang lo punya untuk tetap produktif selama work from home. Misalnya, keberadaan perangkat online.

Amy mencontohkan bahwa tim di kantornya biasa memanfaatkan aplikasi Asana, Slack, serta Zoom untuk melakukan pertemuan secara online. Teknologi ini membuat mereka bisa saling terhubung saat kondisi seperti ini, supaya bisa tetap bekerja secara produktif selama bekerja dari rumah tentunya.

Ketiga, prioritaskan kesehatan mental Lo.

Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting buat lo lakuin selama work from home ini sob! Karena stress menjadi sesuatu yang harus dikendalikan. Tentunya, untuk dibutuhkan fokus serta disiplin yang baik selama bekerja dari rumah. Maka dari itu, Jim Kwik, ahli kinerja otak, memberikan beberapa cara buat lo agar tetap produktif guna mengurangi stress yang ada. Di antaranya;

  • Buat perencanaan kegiatan: Jim berpendapat bahwa otak lo dapat bekerja secara baik jika membuat perencanaan mengenai apa yang pengen lo kerjakan. Ini dapat melindungi otak lo dari ketidakpastian akan rutinitas lo sob!
  • Bekerja secara cerdas: Penting buat lo untuk membuat prioritas tentang pekerjaan yang lo miliki. Kenapa? Karena guna menghindari ketidakteraturan dalam melakukan pekerjaan tersebut, agar lo bisa menghindari stress akibat menumpuknya pekerjaan lo.
  • Merawat diri: Penting buat lo tetap menjaga kesehatan lo baik fisik maupun mental selama work from home ini. Lo bisa mencoba mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat, serta berolahraga di rumah guna mengurangi stress dari pekerjaan lo.


Dapat disimpulkan bahwa work from home memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri dalam pengerjaannya. Selain itu, tanggapan masyarakat Indonesia mengenai fenomena ini juga mungkin berbeda-beda. Ada yang memaknai work from home sebagai hal positif, tapi ada juga yang negatif. Tentunya, semuanya kembali lagi kepada masing-masing individu sob!

Bagaimanapun juga, work from home merupakan suatu hal yang harus dijalani; mengingat saat ini kita berada dalam ketidakpastian global akibat wabah pandemi corona. Tapi, tenang aja sob, gak lo doang kok yang menjalani work from home ini. Liat aja, hampir semua orang yang lo kenal mungkin bekerja dari rumah semua. Maka dari itu, yuk semangat work from home nya sambil berdoa agar wabah corona ini segera menemukan ujungnya!

Kalo lo merasa butuh bantuan dalam melakukan work from home, santai aja, lo bisa ikut online mentoring Satu Persen. Di dalamnya lo bisa menceritakan kesulitan lo tersebut bersama mentor-mentor yang terlatih. Lo bisa ikut online mentoring dengan ngeklik tulisan ini. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial, dan tonton video Satu Persen tentang “Menghadapi Virus Corona: Warga Indonesia Panik” di Youtube! Jangan lupa buat like, comment, dan subscribe channel youtube Satu Persen – Indonesian Life School! Gue harap lewat membaca artikel ini ini bisa membuat lo berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Gua Fathan dari Satu Persen, thanks!